MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Ridho Hafiedz, Didah Nurhamidah

Abstract


Articulate storyline merupakan aplikasi perangkat lunak yang memiliki fungsi sebagai pendukung dalam pembelajaran. Aplikasi tersebut berbasis poin-poin presentasi layaknya powerpoint pada microsoft.  Dalam aplikasi tersebut membuat presentasi lebih menarik dengan penggunaan animasi bergerak, backsound dan gambar serta video yang interaktif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektivan, pengertian dan gambaran aplikasi Articulate storyline. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang mendeskripsikan hasil menggunakan deskriptif kualitatif. Alat instrumen yang digunakan adalah kuisioner menggunakan  google form yang diberikan kepada responden serta penggunaan data kuantitaftif menggunakan  nstrumen skala likert untuk mengukur tingkat efektivitas media pembelajaran. Hasil peneltitian dinyatakan dari 30 responden dengan 10 pertanyaan pendukung pengukuran efektivitas terdapat 81% responden yang memberikan respon bahwa media tersevbut efektiv digunakan pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini didasari karena penggunaanya yang mudah, hemat, tepat dan bermanfaaat . Selanjutnya berisikan animasi, ganbar dan audio menjadikan media tersebut  intetaktif dan efektiv.


Keywords


Media Interaktif, Articulate Storyline, Salindia, Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Amiroh. 2019. Mahir Membuat Media Interaktif Articulate Storyline. Jawa. Tengah: Cipta Artha Media.

Arwanda, Prankalia., Irianti, Sony., Andriani, Ana. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas IV Sekolah Dasar. Al-Madrasah : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 4 (2).

Berbasis Articulate Storyline Materi Penerapan Nilai-Nilai Pancasila. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2).

Eka, Chatarania. Sunaryo & Kristiyanto, Sony. 2022. Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline dengan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Materi Substansi Genetika Siswa Kelas XII. Journal of Natural Science and Learning, Vol. 01 No.01.

Hamalik, Omar. 1994. Media Pendidikan. Bandung : Citra Aditya Bakti.

Juhaeni, Safaruddin & Salsabila, Prisma Zuha. 2021. Articulate Storyline Sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 8 No. 2.

Learning Berbasis Digital pada Mata Kuliah Strategi Pemasaran. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1).

Poerwandari. 1998. Pendekatan kualitatif dalam penelitian psikologi. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Pranatawijaya, V.H., dkk. 2019. Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains dan Informatika 5 (2).

Pratama, A. N., & Batubara, H. H. 2021. Pengembangan Multimedia Interaktif

Saski, N. H., & Sudarwanto, T. 2021. Kelayakan Media Pembelajaran Market

Suardi. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Sleman: Penerbit Deepublish

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.6.1.54-64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226


Jurnal Pena Literasi Indexing By:

      

 

View My Stats
Powered by Puskom-UMJ