EVALUASI DALAM BAHASA ARTIKEL ILMIAH: ADAPTASI KERANGKA APPRAISAL PADA BIDANG HUMANIORA DAN TEKNIK

Ahmad Fadly, Untung Yuwono, Njaju Jenny Malik

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengungkap ekspresi bahasa evaluatif pada artikel ilmiah bidang teknik dan bidang humaniora. Preferensi sikap, keterlibatan, dan graduasi diselidiki untuk menilai level objektivitas dan menyingkap subjektivitas yang dihadirkan dalam artikel kedua bidang tersebut. Melalui pendekatan kualitatif, peneliti ini menggunakan data berupa artikel-artikel ilmiah nasional terakreditasi dan terindeks Science and Technology Index (SINTA). Data yang digunakan adalah artikel bidang teknik dan humaniora yang diterbitkan pada rentang tahun 2019 – 2020, yang memiliki faktor dampak (impact factor) lima teratas di bidangnya. Panelitian ini menghasilkan bahwa preferensi sikap pada artikel ilmiah bidang teknik menunjukkan subjektivitas melalui kehadiran subkategori Afek, yang merupakan luapan perasaan dari subjek. Objektivasi ditempuh melalui nominalisasi atas ekspresi adjektival sehingga mengubah entitas yang dievaluasi (appraised). Berdasarkan pola graduasi, penulis artikel ilmiah bidang teknik lebih banyak menggunakan sumber daya Forsa dengan subkategori Quantification: Number. Penulis cenderung memberikan penekanan skala dalam hal jumlah atau angka. Dari preferensi keterlibatannya, penulis artikel ilmiah bidang humaniora lebih banyak menggunakan suara luar (heteroglosik) dengan menawarkan pandangan alternatif melalui proposisinya. Penggunaan suara luar tanpa penyebutan sumber pengetahuan itu menandai upaya penulis dalam melegitimasi kebenaran tidak melalui otoritas pribadi penulis. Pada artikel ilmiah bidang humaniora, penulis mengekspresikan Apresiasi: Reaksi lebih banyak daripada sumber daya sikap lainnya. Meskipun demikian, tingginya frekuensi kehadiran Afek juga menandai subjektivitas penulis. Upaya objektivasi dilakukan dengan pengimplisitan dan verbalisasi sumber daya perasaan. Berdasarkan pola graduasinya, artikel ilmiah bidang humaniora lebih banyak menghadirkan sumber daya Forsa daripada Fokus dengan kutub positif. Sementara itu, preferensi keterlibatan ditampilkan lebih banyak pada pemberian ruang dialogis pada pandangan alternatif secara beragam.


Keywords


bahasa evaluatif; kerangka appraisal; artikel ilmiah

Full Text:

PDF

References


Alwi, H. (1992) Modalitas dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Kanisius.

Cunningham, K. J. (2018) ‘Appraisal as a Framework for Understanding Multimodal Electronic Feedback: Positioning and Purpose in Screencast Video and Text Feedback in ESL Writing’, Writing & Pedagogy, 9(3), pp. 457–485. doi: 10.1558/wap.31736.

Don, A. (2016) ‘“It is hard to mesh all this”: Invoking Attitude, Persona and Argument Organisation’, Functional Linguistics. Functional Linguistics, 3(1), pp. 1–26. doi: 10.1186/s40554-016-0033-1.

Halliday, M. A. K. and Matthiessen, C. M. I. . (2014) Halliday’s Introduction to Functional Grammar. 4th edn. New York: Routledge.

Hommerberg, C. and Don, A. (2015) ‘Appraisal and the language of wine appreciation’, Functions of Language, 22(2), pp. 161–191. doi: 10.1075/fol.22.2.01hom.

Loi, C. K., Lim, J. M. H. and Wharton, S. (2016) ‘Expressing an Evaluative Stance in English and Malay Research Article Conclusions: International Publications versus Pocal Publications’, Journal of English for Academic Purposes. Elsevier Ltd, 21, pp. 1–16. doi: 10.1016/j.jeap.2015.08.004.

Martin, J. R. and White, P. R. . (2005) The Language of Evaluation: Appraisal in English. New York: Palgrave Macmillan.

Myskow, G. (2018) ‘Changes in attitude: Evaluative language in secondary school and university history textbooks’, Linguistics and Education. Elsevier Inc., 43, pp. 53–63. doi: 10.1016/j.linged.2017.12.001.

Pasaribu, T. A. (2020) ‘Appraisal Framework in Analyzing Learners’ Attitudinal Resources on Performing Of Mice and Men’, Indonesian Journal of EFL and Linguistics, 5(1), p. 161. doi: 10.21462/ijefl.v5i1.237.

Saidi, M. (2021) ‘Appraisal Resources in an Academic Genre: English versus Persian Nutrition Research Articles’, Journal of Nutrition and Metabolism, 2021. doi: 10.1155/2021/6659796.

Simpson-Smith, C. (2021) ‘Persuasion in Engineering Reports: Evaluative Resources and Targets in Practice’, Journal of Research in Applied Linguistics, 12(2), pp. 6–21. doi: 10.22055/RALS.2021.17006.

Sukma, B. P. (2018) ‘Sistem Appraisal pada Slogan dalam Kain Rentang Kampanye Politik Bakal Calon Kepala Daerah Kabupaten dan Kota Bogor’, Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 7(2), p. 132. doi: 10.26499/rnh.v7i2.603.

Yang, L. and Lv, X. (2015) ‘Reporting Evidentials in Generic Structures of English Research Articles—From the Perspective of Engagement in Appraisal System’, International Journal of Linguistics and Communication, 3(1), pp. 134–144. doi: 10.15640/ijlc.v3n1a14.

Yang, W. (2016) ‘Evaluative language and interactive discourse in journal article highlights’, English for Specific Purposes. Elsevier Ltd, 42, pp. 89–103. doi: 10.1016/j.esp.2016.01.001.

Yuwono, U. (2019) ‘Ideologies Underpinning the Indonesian National Qualification Framework (IQF) for Higher Education Website Text’, Indonesian Journal of Applied Linguistics, 8(3), p. 668. doi: 10.17509/ijal.v8i3.15271.




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.5.2.220-233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

View My Stats

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226

 
Powered by Puskom-UMJ