ANALISIS DEPRESI MAYOR PADA TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PESANTREN IMPIAN KARYA ASMA NADIA

Jenni Umro'atur Rosidah, Sugiarti Sugiarti

Abstract


Depresi mayor merupakan penyakit kesehatan mental yang dialami seseorang dengan gejala tertentu, serta berakibat fatal jika tidak menjalani pemulihan dengan perawat profesional. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan depresi mayor yang dialami oleh tokoh dalam novel, (2) menguraikan faktor-faktor masalah yang mendalami cerita hingga menimbulkan konflik batin pada novel Pesantren Impian karya Asma Nadia.  Pendekatan yang digunakan adalah psikologi untuk mengurai persoalan kesehatan mental pada tokoh novel Pesantren Impian karya Asma Nadia. Sumber data yang digunakan ialah novel Pesantren Impian karya Asma Nadia. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu mengumpulkan deskripsi fenomena tentang depresi mayor yang diderita tokoh pada novel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah membaca kritis, menandai, membahas hasil peelitian serta menarik kesimpulan berdasarkan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan depresi mayor sangat berpengaruh dalam kehidupan tokoh penderita gangguan mental, permasalahan yang dialami oleh para tokoh menjadikan depresi mayor bersemayam pada diri, pikiran cemas disebabkan kejadian yang menimpa tokoh, keinginan untuk mengakhiri hidup selalu terpikirkan para penderita. Kesimpulannya depresi dalam diri seseorang dapat dideteksi dengan melihat gejala – gejala pada seseorang yang mengalami kekerasan emosional akan mengalami perasaan sedih yang berlarut, perasaan bersalah, merasa sering dihukum, merasa bahwa dirinya selalu gagal dan akan mengkritik diri sendiri. seseorang mampu bunuh diri dengan terjun kedasar bangunan, menyayat nadi dengan benda tajam, gantung diri, menyakiti diri dengan menggores tangan dengan benda tajam, memiliki pemikiran yang tidak utuh, rapuh, pergerakan dan tubuh yang tidak sama lagi dengan dulu, mengonsumsi obat – obatan terlarang.

Kata kunci: Depresi mayor, mental, gangguan jiwa


Keywords


depresi mayor;keadaan mental;gangguan jiwa

Full Text:

PDF

References


Aini, K., & Apriana, R. (2019). Dampak cyberbullying terhadap depresi pada mahasiswa Prodi Ners. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 6(2), 91–97.

Angraini, D. I. (2014). Hubungan depresi dengan status gizi. Jurnal Medula, 2(02).

Beck, A. T., & Alford, B. A. (2009). Depression: Causes and treatment. University of Pennsylvania Press.

Boeree, C. G. (2013). GENERAL PSYCHOLOGY: Psikologi Kepribadian, Persepsi, Kognisi, Emosi, & Perilaku. (A. Q. Shaleh (ed.)). Prismasophie.

Bradford, A. B., Burningham, K. L., Sandberg, J. G., & Johnson, L. N. (2017). The association between the parent–child relationship and symptoms of anxiety and depression: The roles of attachment and perceived spouse attachment behaviors. Journal of Marital and Family Therapy, 43(2), 291–307.

Carducci, B. J., & Golant, S. (2009). Shyness: understanding, hope, and healing. Harper Collins.

Carson, R. C. (1991). Dilemmas in the pathway of the DSM-IV.. Journal of Abnormal Psychology, 100(3), 302.

Darma, B. X. (2004). Perbedaan Tingkat Kecemasan Antara Pria dan Wanita Akseptor Kontrasepsi Mantap Di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Jurnal Psyche, 1(1), 18–32.

Dirgayunita, A. (2016). Depresi: Ciri, penyebab dan penangannya. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 1(1), 1–14.

Farhan, M., Muharramah, I. A., & Putra, D. A. K. (2022). GANGGUAN BERBAHASA PADA PASIEN GANGGUAN JIWA PENYANDANG PTSD: STUDI KASUS PADA PASIEN RSJ KOTA KENDARI. Pena Literasi, 5(1), 37–44.

Iyus, Y. (2009). Keperawatan jiwa. PT Revika Aditama: Bandung.

Kartono, K. (2012). Patologi sosial gangguan jiwa. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Khan, R. I. (2012). Perilaku asertif, harga diri dan kecenderungan depresi. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 1(2).

Lengkong, E. M. (2016). Depresi Dalam Novel “Room” by Emma Donnoghue. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 3(2).

Lumongga, D. R. N. (2016). Depresi: tinjauan psikologis. Kencana.

Lutfiyah, N. U. (2021). Studi Kasus Dinamika Psikologis Penderita Depresi Mayor Dengan Riwayat Pengalaman Korban Kekerasan Oleh Orang Tua. Ristendik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 251–258.

Maemunah, S. (2021). Gejala Depresi Tokoh Utama dalam Novel Represi Karya Fakhrisna Amalia. GERAM, 9(2), 153–162.

Manalu, S. F., Sipahutar, A. R., Sinaga, S. R., & Sagala, M. J. P. (2019). ANALISIS YURIDIS TERHADAP PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA JENIS SABU-SABU DAN PIL EKSTASI DITINJAU DARI SEGI HUKUM PIDANA DALAM PUTUSAN NOMOR: 473/PID. SUS/2015/PT. MDN. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, 1(2), 154–159.

Nadia, A. (2014). Pesantren Impian. Asma Nadia Publishing House.

Nasriati, R. (2017). Stigma dan dukungan keluarga dalam merawat orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). MEDISAINS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Kesehatan, 15(1), 56–65.

Nuryanti, M., & Sobari, T. (2019). Analisis Kajian Psikologi Sastra Pada Novel “Pulang” Karya Leila S. Chudori. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(4), 501–506.

Nyoman, K. R. (2011). Teori, Metode, Dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahmawati, T. (2018). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kejadian Depresi Pada Remaja Awal. Jurnal Asuhan Ibu Dan Anak, 3(2), 47–54.

Ramadhan, A. T., & Kahfi, A. (2022). Analisis Kebebasan Bermedia Sosial Pada Penyebaran Informasi Publik Bermuatan Penghinaan dan Pencemaran Nama Baik. Alauddin Law Development Journal, 4(1), 78–88.

Rosyanti, L., Hadi, I., & Wijayati, F. (2021). Memahami Gangguan Depresi Mayor.

Saputri, M. A. W., & Indrawati, E. S. (2011). Hubungan antara dukungan sosial dengan depresi pada lanjut usia yang tinggal di panti wreda wening wardoyo jawa tengah. Jurnal Psikologi, 9(1).

Sonambela, A. A., Sigarlaki, S. J., & Manus, J. A. (2020). Depresi dalam Novel The Lovely Bones Karya Alice Sebold. JURNAL ELEKTRONIK FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS SAM RATULANGI, 10.

Sriati, A. (2008). Tinjauan tentang stres. Jatinagor: Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran, 1992.

Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta, 28, 1–12.

Sumardika, I. W. A., & Diniari, N. K. S. (2013). Penanganan Depresi Pada Pasien Lansia Dengan Penyakit Kardiovaskular. Jurnal: Universitas Udayana Denpasar, 4.

Teasley, M. (2013). Cyberbullying, youth behavior and society. Journal of Child and Adolescent Behaviour, 2, 120.

Toding, D., Masfuri, M., & Yona, S. (2021). Penerapan Terapi Psikologis dalam Menurunkan Tingkat Depresi pada Pasien Hemodialisis: Literature Review. Jurnal Penelitian Kesehatan" SUARA FORIKES"(Journal of Health Research" Forikes Voice"), 12(3), 242–248.

Widyaningrum, M., & lan Seni, F. B. (n.d.). DEPRESI SEBAGAI PROBLEM BEHAVIOR DISORDER DI DALAM NOVEL KUPU WENGI MBANGUN SWARGA KARYA TULUS S (PENDEKATAN PSIKOLOGI SKINNER).

Yoseph, I., Puspowati, N. L. N. S., & Sriati, A. (2009). Pengalaman traumatik penyebab gangguan jiwa (skizofrenia) pasien di Rumah Sakit Jiwa Cimahi. Majalah Kedokteran Bandung, 41(4).




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.5.1.111-121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226


Jurnal Pena Literasi Indexing By:

      

 

View My Stats
Powered by Puskom-UMJ