KAJIAN APOSISI PADA TEKS BERITA MEDIA MASSA ONLINE KLIKTIMES.COM

Agus Milu Susetyo, Nesia Gita Adhadi, Bahtiar Hari Hardovi

Abstract


Penelitian ini membahas tentang aposisi di artikel berita yang di media massa kliktimes.com. Tujuan dari penelitian ini tidak lain adalah untuk mendeskripsikan fungsi aposisi di artikel berita yang ada di media massa tersebut. Peneliti memfokuskan pada artikel berita karya mahasiswa yang magang di tempat tersebut. Aposisi merupakan satuan lingual dengan berfungsi memberikan penjelasan kepada unsur pokok dalam satuan lingual. Letak aposisi ada di depan atau di belakang unsur inti selama aposisi dapat mendukung elemen lain dalam kalimat serta memberikan informasi yang relevan. Dalam penelitian ini, digunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data bersumber dari artikel berita yang disusun oleh mahasiswa magang di media massa online kliktimes.com selama 6 bulan. Data penelitian berupa kalimat yang termasuk ke dalam jenis aposisi. Data disediakan dengan metode simak dengan teknik pustaka dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan, yaitu metode agih dengan teknik Bagi Unsur Langsung (BUL) sebagai teknik dasar dan teknik lesap sebagai teknik lanjutan. Sementara itu, untuk mengecek keabsahan data pada penelitian ini, peneliti menggunakan teknik ketekunan pengamatan. Berdasarkan hasil temuan, diketahui bahwa ditemukan aposisi pembatas (restriktif). Aposisi yang ditemukan ini berkategori nomina dan pronomina. Fungsi konstruksi aposisi yang ditemukan memiliki beberapa fungsi. Pertama, fungsi edukasi guna membantu pembaca sehingga mudah memahami informasi yang diberitakan. Kedua, fungsi membangun citra tokoh dari informasi yang diberitakan dengan maksud membangun citra baik atau buruk tokoh yang beritakan atau diinformasikan. Ketiga, kompetisi bahasa dengan maksud  menjelaskan atau klarifikasi suatu makna dari informasi yang diberitakan. Keempat, fungsi ketercukupan infomasi agar membantu pembaca dalam memahami sebuah wacana.


Full Text:

PDF

References


Ardhian, D., Sudaryanto, & Sumarlam. (2013). Aposisi bahasa Indonesia.

Transling Journal: Translation and Linguistics, 1(1), 53-64. Retrieved from https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1782.

Asih, A. J. R., & Wahyuni, U. (2020). Penggunaan singkatan dan akronim dalam berita kriminal harian tribun jambi pada bulan maret 2019. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 140-149.

Cahyana, D. A. (2017). Aposisi pada teks berita utama jawa pos. Lingua, 12(01), 51-56.

Frandika, E., & Idawati, I. (2020). Tindak Tutur Ilokusi dalam Film Pendek “Tilik (2018)”. Pena Literasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 61-69.

Juwito, (2008). Menulis Berita dan Featur,s. Surabaya: Unesa University Press

Kartikasari, R. D., Devi, W. S., Khaerunnisa, K., & Amalia, I. N. (2021). Ragam Bahasa Mahasiswa Umj Dalam Pembelajaran Daring.Pena Literasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 117-127.

Khak, M. A. (1993). Aposisi dalam bahasa Indonesia. Penyelidikan bahasa dan perkembangan wawasannya (ed. 1). Masyarakat Linguistik Indonesia, 275-287.

Mahsun. (2017). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Depok: Rajagrafindo Persada.

Rosalina, R., Auzar, A., & Hermandra, H. (2020). Penggunaan Bahasa Slang di Media Sosial Twitter. JURNAL TUAH: Pendidikan dan Pengajaran Bahasa, 2(1), 77-84.

Prakoso, B., Ekawati, M., & Asmara, R. (2020). Aposisi dalam Kalimat pada Artikel Laporan Utama Majalah Tempo dan Implementasinya sebagai Materi Ajar Kebahasaan Teks Artikel di SMA. Repetisi: Riset Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 13-28.

Putrayasa, I. B. (2017). Sintaksis (memahami kalimat tunggal). Bandung: Refika Aditama

Ramlan, M. (2005). Ilmu bahasa Indonesia: sintaksis. Yogyakarta: Karyono.

Sudaryanto. (2018). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press

Sumadiria, A. S. H. (2016). Hukum dan Etika Media Massa: Panduan Pers, Penyiaran, Dan Media Siber. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Susetyo, A. M., Aditiawan, R. T., & Nurhaliza, S. (2021). Fonotaktik Bahasa Jawa pada Lingkungan Persawahan. Pena Literasi, 4(1), 1-11.

Widagdo, T. B., & Sumarlam, N. F. N. (2019). Jenis Dan Motif Konstruksi Aposisi dalam Bahasa Jawa. MABASAN, 13(2), 97-110.

Zaim, M. (2014). Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural. Padang: UNP Press.




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.6.1.11-20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226


Jurnal Pena Literasi Indexing By:

      

 

View My Stats
Powered by Puskom-UMJ