PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA QUIZLET DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK DRAM

Ummu Humaidah, Ratna Dewi Kartikasari

Abstract


 

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menyimak peserta didik pada mata pelajaran bahasa Indonesia yang rendah dan berada di bawah KKM. Hal ini membuat penulis ingin mengetahui peningkatan menyimak dengan mengajukan model problem solving berbantuan media Quizlet dalam peningkatan kemampuan menyimak drama. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti tentang penerapan model problem solving berbantuan media Quizlet dalam peningkatan kemampuan menyimak drama. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik SMA Kebangsaan tahun pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian tindakan kelas model Kemmis Taggart. Prosedur dalam penelitian terbagi menjadi 2 siklus. Pada siklus pertama, tindakan pembelajaran menerapkan model problem solving serta media Quizlet. Pada siklus kedua sama seperti pelaksanaan siklus satu. Setelah dilakukan siklus I dan II, hasil menunjukkan perbandingan yang berbeda yaitu adanya peningkatan kemampuan dalam menyimak. Pada prasiklus diperoleh hasil nilai rata-rata 69, siklus I dengan nilai rata-rata 73, serta pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,3 maka dapat disimpulkan dari prasiklus ke siklus I terjadi peningkatan 41 % dan terjadi peningkatan signifikan  yaitu 49 % pada siklus II. Berdasarkan hasil, menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan menyimak peserta didik setelah dilakukan penerapan model problem solving dan Quizlet.

Kata Kunci: Problem solving; Menyimak drama; Quizlet.

 


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar.2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Asfar, Irfan Taufan dan Syarif, Nur. 2018. Model Pembelajaran Problem Posing & Solving: Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Sukabumi: CV Jejak.

Asrori, Mohammad. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Sandiarta Sukses.

Devi, Wika Soviana, dkk. 2022. Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam Pembelajaran Sastra di PBSI FIP UMJ. Jurnal Pena Literasi, Volume 5, Nimor 2. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/penaliterasi/article/view/14156/pdf, diakses pada 1 April 2023.

Hermawan, Herry. 2012. Menyimak keterampilan Komunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Jakni. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Alfabeta.

Nuryanto, Tatok. 2017. Apresiasi Drama. Depok: Rajawali Press.

Sari, Dhany Efita. 2019. Aplikasi Pembelajaran Berbasis Smartphone Era Generasi Milenial. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 29 (1) http://journals.ums.ac.id/ diakses pada 18 Maret 2020.




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.6.1.117-123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226


Jurnal Pena Literasi Indexing By:

      

 

View My Stats
Powered by Puskom-UMJ