ANALISIS FAKTOR - FAKTOR PENYEBAB GANGGUAN BERBICARA PADA ANAK

Ade Nur Mulyani, Irwan Siagian

Abstract


Gangguan bicara pada anak adalah jenis gangguan komunikasi di mana anak mengalami kesulitan saat menggunakan simbol apa pun dalam bahasa tersebut. Gangguan bicara pada anak terjadi karena gangguan pada sistem saraf atau karena kelainan organ terkait yang berkaitan dengan proses penggunaan bahasa dan ucapan anak, karena cedera atau trauma pada masa prenatal, natal dan pascanatal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab keterlambatan bicara, serta kasus anak dengan gangguan bicara dan bahasa. Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan media telepon dan pengambilan video dengan cara mewawancarai subjek penelitian dan orang terdekat yang terlibat. Dari hasil penelitian tersebut faktor penyebab anak memiliki gangguan berbicara, yaitu belum meratanya kosa kata yang didapat, tidak didampingi oleh pengenalan huruf dan pelafalan yang mendasar mengenai benar atau salahnya pengucapan, pembiasaan yang belum dimaksimalkan orang tua, dan juga media yang digunakan sang anak sebagai model yang ditiru untuk menemaninya dalam berbicara.

Keywords


gangguan bicara; keterlambatan bicara; bahasa, anak-anak

Full Text:

PDF

References


Arsanti, M. (2014). Pemerolehan Bahasa Pada Anak. Jurnal PBSI, 3.

Azizah, U. (2018). Keterlambatan Bicara dan Implikasinya dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 6, 281–297.

Bajeri, D., Waspodo, M., & Herawati, H. (2021). Peningkatan Kemampuan Artikulasi dan Penguasaan Kosa Kata Melalui Metode Tutor Sebaya pada Siswa SDLB Kelas Tunarungu. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10, 12–17.

Istiqlal, A. N. (2021). Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) pada Anak Usia 6 Tahun. Preschool: Jurnal Perkembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 2, 206–216.

Khosibah, S. A. (2021). Bahasa Reseptif Anak Usia 3-6 Tahun di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1860–1869.

Masito. (2019). Gangguan Bahasa dalam Perkembangan Bicara Anak. Jurnal Elsa, 17.

Rahim, N., Yuhasriati, & Fauzia, S. N. (2021). Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak yang Speech Delay di Paud Kasya Ulee Kareng Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 6, 1–10.

Setyonegoro, A. (2013). Hakikat, Alasan, dan Tujuan Berbicara; Dasar Pembangunan Kemampuan Berbicara Mahasiswa. Jurnal Pena, 3.

Suhartono. (2005). Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional.

Yulianda, A. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keterlambatan Berbicara pada Anak Balita. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3.




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.6.2.220-227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226


Jurnal Pena Literasi Indexing By:

      

 

View My Stats
Powered by Puskom-UMJ