ANALISIS KAJIAN FONOLOGI PADA ANAK USIA 0-1 TAHUN DALAM PEMEROLEHAN BAHASA
Abstract
Bayi dalam beberapa bulan akan mengalami perkembangan berbicara mulai dari menangis, berteriak, pengucapan satu kata hingga satu kalimat bahkan satu paragraf. Jika melihat realita saat ini menunjukan kemampuan anak dalam memperoleh bahasa masih lemah. Untuk itulah, peneliti bertujuan untuk mengetahui pemahaman yang mendalam terkait dengan panggilan pertama dari anak untuk orang tuanya dalam kajian fonologi dan psikologi. Dalam tahapan perkembangan bicaranya, kira-kira panggilan apakah yang lebih dulu terucap dari bibir kecilnya itu? Apakah ayah atau ibu yang menjadi kata pertamanya? Apakah benar bahwa anak lebih dulu bisa memanggil “Ayah” dibanding “Ibu”? dan apakah hal itu terjadi begitu saja, atau adakah faktor yang mempengaruhi di balik pengalaman pertama si kecil dalam memanggil orang tuanya. Juga apakah orang tua berperan dalam menentukan perbedaan kemampuan anak untuk memanggil orang tuanya. Walaupun seiring berjalannya waktu, nantinya anak juga bisa memanggil orang tuanya dengan panggilan lengkap. Orang tua seharusnya memahami tahap-tahap berkembangan bahasa anak sepenuhnya dan mengetahui perannya dalam memberi stimulus perkembangan bahasa anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andini, H. (2018). Pemerolehan bahasa indonesia pada anak usia 0-2 tahun: kajian psikolinguistik. LINGUA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 15(1), 45-52.
Aziz, M. T. (2016). Asal Usul Bahasa Dalam Perspektif al-Qur’an Dan Sains Modern. Utile: Jurnal Kependidikan, 2(2), 125-149.
Khotami, A. H. (2020). Ungkapan Emosi pada Anak Usia 1 Tahun 6 Bulan dalam Kajian Psikolinguistik. Caraka: Jurnal Ilmu Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajarannya, 7(1), 119-129.
Andini, H. (2018). Pemerolehan bahasa indonesia pada anak usia 0-2 tahun: kajian psikolinguistik. LINGUA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 15(1), 45-52.
Sari, M., & Effendi, D. (2022). Analisis Kajian Fonologi Pada Perkembangan Bahasa Anak Usia 1-3 Tahun. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 78-88.
Lafamane, F. (2020). FONOLOGI (Sejarah Fonologi, Fonetik, Fonemik).
Nadirah, S. P., Pramana, A. D. R., & Zari, N. (2022). METODOLOGI PENELITIAN Kualitatif, Kuantitatif, Mix Method (Mengelola Penelitian Dengan Mendeley dan Nvivo). CV. Azka Pustaka.
Wahidah, B. Y. K. (2023). VARIASI PEMEROLEHAN BAHASA PERTAMA PADA ANAK DI LINGKUNGAN KELUARGA TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK. JURNAL ILMIAH GLOBAL EDUCATION, 4(1), 282-287.
Indah, R. N. (2017). Gangguan berbahasa: Kajian pengantar.
Sovia, E. (2015). Buat Anak Anda Jago Eksakta!: Rahasia Membuka Kecerdasan Eksakta sejak Dini. DIVA PRESS.
Azijah, I., & Adawiyah, A. R. (2020). Pertumbuhan dan Perkembangan Anak: Bayi, Balita, dan Usia Prasekolah. Penerbit Lindan Bestari.
Sovia, E. (2015). Buat Anak Anda Jago Eksakta!: Rahasia Membuka Kecerdasan Eksakta sejak Dini. DIVA PRESS.
Rumbaroa, R. H. (2021). Urgensi Memahami Perkembangan Bahasa Anak. Lingue: Jurnal Bahasa, Budaya, dan Sastra, 2(2), 72-79.
DOI: https://doi.org/10.24853/pl.6.2.228-236
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, e-ISSN: 2614-8226