VARIASI FONOLOGI BAHASA GAUL JAKSEL DI MEDIA SOSIAL TWITTERVARIASI FONOLOGI

Ilma Aghni Azzahra, Azzahra Aulia Yuliadi, Dona Aji Karunia

Abstract


Perkembangan zaman memberikan dampak yang begitu besar terhadap penggunaan media sosial. Semakin heboh pengguna media sosial, semakin banyak bahasa yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan variasi fonologi bahasa gaul remaja Jakarta Selatan di media sosial Twitter. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Objek yang dikaji dalam penelitian ini adalah ragam bahasa gaul remaja Jakarta Selatan di Twitter. Data dalam penelitian ini adalah kosakata ragam bahasa gaul remaja Jakarta Selatan di Twitter. Sumber data dalam penelitaian ini berupa dokumentasi komentar remaja Jakarta Selatan di Twitter. Teknik pengumpulan data yang diterapkan adalah teknik dokumentasi, simak, dan catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat fenomena variasi fonologi dalam kosakata ragam bahasa gaul remaja Jakarta Selatan di twitter yang berupa kata /yach/ terjadi penambahan fonem /c/ dan /h/, pada kata /ugha/ terjadi penghilangan fonem /j/ dan penambahan fonem /h/, pada kata /ngab/ terjadi pembalikan kata, pada kata /syudah/ terjadi penambahan fonem /y/, pada kata /tiati/ terjadi penghilangan fonem /h/, pada kata /cans/ terjadi penghilangan fonem /t/, /i/, /k/ dan terjadi penambahan fonem /s/ di akhir kata, pada kata /ngemeng/ terjadi perubahan fonem /o/ menjadi /e/, pada kata /nyender/ terjadi perubahan fonem /s/ menjadi /ny/, dan pada kata /campoer/ terjadi penambahan fonem /o/ dan /e/ di tengah kata, yang kata seharusnya adalah /campur/.


Keywords


Fonologi; Bahasa Gaul; Jaksel; Twitter

Full Text:

PDF

References


Ahyar, H., dkk. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group.

Alyusi, S. D. (2019). Media sosial: Interaksi, identitas dan modal sosial. Prenada Media.

Akyuwen, I., Sasabone, C., & Tabelessy, N. (2020). Ragam bahasa gaul dalam media sosial Facebook remaja negeri Passo kota Ambon. Mirlam: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1).

Ardhana, M. R., Ahmad, M. R., & Rijal, S. (2021). Penggunaan Variasi Bahasa di Media Sosial Twitter: Kajian Sosiolinguistik. Adjektiva: Educational Languages and Literature Studies, 4(1).

Armelia, Nadya. 2013. “Bahasa Slang dalam Film “Lock, Stock and Two Smoking Barrels”. Skripsi. Universitas Padjajaran: Program Studi Bahasa Inggris. https://repository.unpad.ac.id/frontdoor/index/index/year/2020/docId/25655

Azizah, A. R. A. (2019). Penggunaan bahasa Indonesia dan bahasa gaul di kalangan remaja. Jurnal Skripta, 5(2).

Budiansa, I Gede. 2019. “Penggunaan Bahasa Slang di Media Sosial”. Jurnal: Universitas Udayana.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1).

Goziayah dan Maulana Yusuf. 2019. “Bahasa Gaul (Prokem) Generasi Milenial dalam Media Sosial”. Jurnal: Universitas Muhammadiyah.

Heru. Agus. 2019. “Penggunaan Bahasa Slang di Lingkungan Kampus Universitas PGRI Palembang”. Jurnal: Universitas PGRI Palembang.

Hudaa, S., & Bahtiar, A. (2020). Variasi Bahasa Kaum Milenial: Bentuk Akronim dan Palindrom dalam Media Sosial. ESTETIK: Jurnal Bahasa Indonesia, 3(1).

Iswatiningsih, D., & Pangesti, F. (2021). Ekspresi remaja milenial melalui penggunaan bahasa gaul di media sosial. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(2).

Nurjihan, N. (2019). Bentuk Bahasa Gaul pada Status Komen di Sosial Media Twitter Periode 2018/2019. Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Mataram.

Nurhasanah, N. (2014). Pengaruh Bahasa Gaul Terhadap Bahasa Indonesia. In Forum Ilmiah (Vol. 11, No. 1, pp. 15-21).

Prasasti, R. (2016). Pengaruh bahasa gaul terhadap penggunaan bahasa Indonesia mahasiswa Unswagati. LOGIKA Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon, 18(3). http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/logika/article/viewFile/422/266

Prayudi, S., & Nasution, W. (2020). Ragam bahasa dalam media sosial twitter. Jurnal Metamorfosa, 8(2).

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Jurnal Common, 3(1).

Putri, W. S. R., Nurwati, N., & Santoso, M. B. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perilaku remaja. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1).

Sari, B. P. (2015). Dampak penggunaan bahasa gaul di kalangan remaja terhadap bahasa Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB (Vol. 10, No. 24).

Sardiyah, N. (2020). Pengaruh bahasa gaul terhadap penggunaan bahasa indonesia mahasiswa UNS.

Suleman, J., & Islamiyah, E. P. N. (2018, October). Dampak penggunaan bahasa gaul di kalangan remaja terhadap bahasa Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA) (Vol. 2, No. 2).

Sulianta, F. (2015). Keajaiban sosial media. Elex Media Komputindo.

Waridah, W. (2015). Penggunaan Bahasadan Variasi Bahasa dalam Berbahasadan Berbudaya. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study (E-Journal), 1(1).

Wulandari, R., Fawaid, F. N., Hieu, H. N., & Iswatiningsih, D. (2021). Penggunaan Bahasa Gaul pada Remaja Milenial di Media Sosial. Literasi: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 5(1).

Yunistita. (2015). Variasi dan Fungsi Bahasa dalam Jejaring Sosial Twitter. Humanis, 10(2).




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.7.1.102-111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226


Jurnal Pena Literasi Indexing By:

      

 

View My Stats
Powered by Puskom-UMJ