DOMINASI MASKULIN DALAM NOVEL DEAR ALLAH KARYA DIANA FEBIANTRIA: PERSPEKTIF PIERRE BOURDIEU

Henky Fairuz Busthomy, Khusnul Khotimah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan aspek dominasi maskulin yang terdapat pada novel Dear Allah karya Diana Febiantria. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Kerangka berpikir yang digunakan berdasarkan perspektif Pierre Bourdieu mengenai dominasi maskulin. Data dianalisis dengan cara teknik baca dan catat. Novel dibaca secara cermat, kemudian dicari data-data yang sesuai dengan fokus penelitian. Novel Dear Allah memuat nilai-nilai yang relevan dengan kehidupan terutama yang berkaitan dengan dominasi maskulinitas. Stereotip yang berkembang di tengah masyarakat menyebutkan jika laki-laki selalu berada satu level lebih unggul di atas perempuan. Namun, stereotip tersebut tidak dipahami secara benar, sehingga tindak kekerasan, ketidakadilan, dan pelecehan yang dilakukan oleh laki-laki sebagai pihak dominan dipandang sebagai sesuatu yang lazim. Oleh karena itu, melalui penelitian ini, peneliti ingin membuka mata masyarakat untuk melihat dari perspektif yang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga bentuk dominan maskulin yang ditemukan dalam novel ini, yaitu tentang ciri fisik, ciri sifat, dan pekerjaan. Dalam novel tersebut penulis lebih menonjolkan ciri sifat laki-laki yang bersikap egois dan kurang peka terhadap perempuan. Penulis juga banyak menggambarkan posisi perempuan sebagai sosok yang sering diperlakukan secara tidak adil.


Keywords


Dominasi Maskulin; Pierre Bourdieu; Dear Allah

Full Text:

PDF

References


Bourdieu, Pierre. (1984). Distinction: A Social Critique of the Judgement of Taste. Diterjemahkan dari judul asli La Distinction: Critique Sociale du jugement oleh Richard Nice. Cambridge: Harvard University Press.

_____________. (1990). The Logic of Practice. Diterjemahkan dari judul asli Le sens pratique oleh Richard Nice. California: Stanford University Press.

_____________. (2010). Dominasi Maskulin. Diterjemahkan dari judul asli La domination masculine oleh Stephanus Aswar Herwinarko. Yogyakarta: Jalasutra.

Budiman, Arief. (1981). Pembagian Kerja Secara Seksual. Jakarta: Gramedia.

Carey, Peter dan Vincent Houben. (2016). Perempuan-Perempuan Perkasa di Jawa Abad XVIII-XIX. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Dinar, Sri Suryana. dkk. (2023). “Konflik Tokoh Dalam Novel “Dear Allah” Karya Diana Febi”. Jurnal Bastra, 8 (1).

Nizam, Mohamad Azrul. (2019). Nilai Perjuangan Dalam Novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas. Seminar Nasional Bahasa dan Sastra.

Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sunarto. & Safira, Rifka. (2022). “Captain Marvel: Dominasi Maskulin Dalam Kesetaraan Gender Perempuan”. Interaksi Online, 10 (3).

Septiana, Dini. & Khaerunnisa. (2020). “Menguak sastra dalam Sejarah Islam”. Jurnal Pena Literasi, 3 (1).




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.6.2.163-175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226


Jurnal Pena Literasi Indexing By:

      

 

View My Stats
Powered by Puskom-UMJ