PENGARUH METODE SUGESTOPEDIA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PUISI BERBANTUAN MEDIA SPOTIFY PADA PESERTA DIDIK KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.24853/pl.6.2.176-185Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah tidak hanya mendidik untuk terampil memahami jenis-jenis teks, tetapi juga memahami karya sastra, salah satunya melalui puisi. Dalam kurikulum merdeka terdapat kemampuan literasi yang harus dikuasai peserta didik, salah satunya keterampilan membaca. Dalam hal karya sastra puisi, maka peserta didik diharuskan terampil membacakan puisi. Dibutuhkan metode yang tepat supaya peserta didik antusias, maka peneliti menggunakan metode suggestopedia berbantuan media spotify. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode suggestopedia terhadap keterampilan membaca puisi berbantuan media spotify pada peserta didik kelas X. Metode penelitian yang digunakan ialah true experimental design menggunakan posttest-only control design. Hasil yang diperoleh terhadap pembelajaran membaca puisi dengan metode suggestopedia berbantuan media spotify memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan membaca puisi. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui hasil uji t menggunakan SPSS 27, diperoleh nilai sig. < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Tingkat keberhasilan membaca puisi pada kelas eksperimen sebesar 64%, sementara tingkat keberhasilan pada kelas kontrol sebesar 27%.References
Djaha, Situ Susanti Mallida & Ahmad. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi dengan Metode Cooperative Script Pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah Kupang. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan 10(1).
Harun, Mohd. (2018). Pembelajaran Puisi Untuk Mahasiswa. Syiah Kuala University Press: Banda Aceh
Netti, S. Yollis Michdon & Irwansyah. (2018). Spotify: Aplikasi Music Streaming untuk Generasi Milenial. Jurnal Komunikasi 10(1).
Fitriana, E., Sukirno, & Sholeh, K. (2017). Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi dengan Metode ATM Pada Siswa SMP Negeri VII 26 Purworejo Tahun Pelajaran 2017. Jurnal Surya Bahtera 5(48).
Keputusan Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Perbukuan (balitbangbuk) No. 028 Tahun 2021 tentang Capaian Pembelajaran PAUD-SD-SMP-SMA-SMK-SLB pada Sekolah Penggerak.
Khairunnisa. (2022). Penggunaan Media Podcast Spotify Akun Doneng Eyang Anniek Dalam Pembelajaran Menyimak Unsur Intrinsik Fabel Pada Siswa Kelas VII MTsn 1 Kota Serang, Banten Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi Program Sarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institutional Respository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Nurazizah, Feti. (2018). Penerapan Metode Suggestopedia Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas VII MTS Nurul Hijrah, Jakarta Timur. Skripsi Program Sarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institutional Respository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Srirahayu, Peni., Anggia Suci Pratiwi, Sunanih. (2020). Pengaruh Metode Sugestopedia Terhadap Keterampilan Membaca Puisi Pada Siswa Kelas 4 SDN Ciwalet, Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia 8(2).
Su Cin & Lusia Savitri Setyo Utami. (2020). Konvergensi Media Baru dalam Penyampaian Pesan Melalui Podcast. Jurnal Koneksi, 4(2).
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sumarsilah, Siti. 2018. Pengkajian Puisi (Edisi Revisi). Pati: CV Al Qalam Media Lestari.
Tarigan, Henry Guntur. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.
Wiranty, Wiendi. (2017). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Membaca Puisi. Jurnal Edukasi 15(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).