PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA TIKTOK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS IKLAN

Dea Octaviani, Khaerunnisa Khaerunnisa

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media sosial tiktok belum digunakan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut disebabkan peserta didik tidak disarankan untuk membawa gawai ke sekolah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media tiktok dan mengetahui besaran perbedaan kemampuan peserta didik dalam menulis teks iklan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 14 Tangerang Selatan pada kelas VIII 9 (kelas eksperimen) yang berjumlah 40 peserta didik dan kelas VIII 8 (kelas kontrol) yang berjumlah 40 peserta didik pada materi teks iklan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantiitatif dengan metode eksperimen True Experimental Design. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa posttest pada akhir pembelajaran di kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada kemampuan menulis teks iklan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Tangerang Selatan, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media tiktok memiliki pengaruh signifikan. Hal ini dibuktikan dari nilai signifikansi hasil uji independent samples test dengan taraf Sig. (2-tailed) sebesar 0,048 < 0,05, maka dinyatakan signifikansi atau Ho ditolak Ha diterima dengan besaran perbedaan 18%.

Full Text:

PDF

References


Astriyandi, A. A. (2020). Pendekatan Inquiry Tipe Project Based Learning Dan Group Investigation. Jawa Barat: CV Adanu Abimata.

Hernawati, A. S. (2020). Modul Model-model Pembelajaran. Jakarta: Pusdiklat Tenaga Teknis dan Keagamaan Kementrian Agama.

Hutamy, d. (2021). fektivitas Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Media dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Universitas Negeri Semarang, 21-26.

Indriyani, P. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Di SMKN 3 Jombang. Jurnal Pendidikan Elektro, 459-463.

Mana, L. H. (2021). Respon Siswa Terhadap Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 418-429.

Munirah. (2015). Pengembangan Keterampilan Menulis Paragraf. Yogyakarta: Deepublish.

Rochman, A. M. (2015). Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulilowati. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Personal Branding di Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @bow_allpennliebe). Jurnal Komunikasi, 180.

Tarigan, H. G. (2019). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Yusri Yusuf, R. I. (2017). Keterampilan Menulis: Pengantar Pencapaian Kemampuan Epistemik. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Z, A. K. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 82-93.




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.7.1.71-79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226


Jurnal Pena Literasi Indexing By:

      

 

View My Stats
Powered by Puskom-UMJ