PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA TIKTOK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS IKLAN
DOI:
https://doi.org/10.24853/pl.7.1.71-79Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media sosial tiktok belum digunakan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut disebabkan peserta didik tidak disarankan untuk membawa gawai ke sekolah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media tiktok dan mengetahui besaran perbedaan kemampuan peserta didik dalam menulis teks iklan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 14 Tangerang Selatan pada kelas VIII 9 (kelas eksperimen) yang berjumlah 40 peserta didik dan kelas VIII 8 (kelas kontrol) yang berjumlah 40 peserta didik pada materi teks iklan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantiitatif dengan metode eksperimen True Experimental Design. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa posttest pada akhir pembelajaran di kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada kemampuan menulis teks iklan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Tangerang Selatan, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media tiktok memiliki pengaruh signifikan. Hal ini dibuktikan dari nilai signifikansi hasil uji independent samples test dengan taraf Sig. (2-tailed) sebesar 0,048 < 0,05, maka dinyatakan signifikansi atau Ho ditolak Ha diterima dengan besaran perbedaan 18%.References
Astriyandi, A. A. (2020). Pendekatan Inquiry Tipe Project Based Learning Dan Group Investigation. Jawa Barat: CV Adanu Abimata.
Hernawati, A. S. (2020). Modul Model-model Pembelajaran. Jakarta: Pusdiklat Tenaga Teknis dan Keagamaan Kementrian Agama.
Hutamy, d. (2021). fektivitas Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Media dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Universitas Negeri Semarang, 21-26.
Indriyani, P. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning (Pjbl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Di SMKN 3 Jombang. Jurnal Pendidikan Elektro, 459-463.
Mana, L. H. (2021). Respon Siswa Terhadap Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 418-429.
Munirah. (2015). Pengembangan Keterampilan Menulis Paragraf. Yogyakarta: Deepublish.
Rochman, A. M. (2015). Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulilowati. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Personal Branding di Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @bow_allpennliebe). Jurnal Komunikasi, 180.
Tarigan, H. G. (2019). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.
Yusri Yusuf, R. I. (2017). Keterampilan Menulis: Pengantar Pencapaian Kemampuan Epistemik. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.
Z, A. K. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 82-93.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).