ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE DALAM NOVEL “PASUNG JIWA” KARYA OKKY MADASARI

Elsa Widia Kartika, Ahmad Supena

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atau menganalisis semiotika yang ada dalam novel Pasung Jiwa karya Okky Madasari berdasarkan pandangan seorang tokoh ahli tanda yaitu Charles Sanders Peirce. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui trikotomi yaitu ikon, indeks, dan simbol. Ketiga sistem tanda yaitu ikon, indeks, dan simbol merupakan pandangan Charles Sanders Peirce tentang kajian ilmu semiotika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Metode kualitatif merupakan cara untuk membuktikan hasil temuan atau hasil analisis dengan menjelaskannya secara deskriptif dengan penyampaian yang jelas, singkat, padat, dan mudah dipahami oleh pembaca. Teknik yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu teknik membaca, mencatat, dan menganalisis dengan hasil yang diperoleh berupa penggalan kalimat atau kutipan dari novel Pasung Jiwa karya Okky Madasari. Novel merupakan salah satu karya sastra yang banyak diminati oleh masyarakat terutama di kalangan remaja. Dalam penelitian ini, menganalisis tentang semiotika terutama tanda, acuan tanda dan penggunaan tanda karena menarik untuk dibahas atau dianalisis. Terutama novel yang dijadikan sebagai sumber data penelitian merupakan salah satu novel terbaik karya Okky Madasari dengan judul Pasung Jiwa dan telah memenangkan penghargaan sastra Khatulistiwa Literary Award. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu sejumlah data yang berupa kutipan dari dalam novel berkenan tentang ikon, indeks, dan simbol yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk penelitian selanjutnya.

Keywords


semiotika; ikon; indeks; simbol; novel

Full Text:

PDF

References


Busthomy, H. F., & Khotimah, K. (2023). DOMINASI MASKULIN DALAM NOVEL DEAR ALLAH KARYA DIANA FEBIANTRIA: PERSPEKTIF PIERRE BOURDIEU. Pena Literasi, 6(2), 163-175.

Fitria, R. (2017). Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Dalam Iklan Kampanye Pasangan Calon Gubernur Dan Wakil Gubernur Provinsi Bengkulu Tahun 2015. MANHAJ: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 6(1), 44-50.

Lubis, F. W. (2018). Analisis Diskriminasi Pada Novel †œAmelia†Karya Tere-Liye. Journal of science and social research, 1(1), 53-59.

Marsheilo, B., & Tamburian, D. (2022). Analisis Semiotika Iklan Aqua Kids 2020. Prologia, 6(1), 33-40.

Moleong, L. J. (2017). Metode penelitian kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pribadi, B. S., & Firmansyah, D. (2019). Analisis semiotika pada puisi “barangkali karena bulan” karya ws. Rendra. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 269-276.

Puspitasari, D. R. (2021). Nilai Sosial Budaya Dalam Film Tilik (Kajian Semiotika Charles Sanders Pierce). SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi, 15(1).

Rahayu, I. S. (2021). ANALISIS KAJIAN SEMIOTIKA DALAM PUISI CHAIRIL ANWAR MENGGUNAKAN TEORI CHARLES SANDERS PIERCE. SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi, 15(1).

Sari, N., Anshari, A., & Usman, U. (2021). NOVEL TARIAN BUMI KARYA OKA RUSMINI (KAJIAN SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE). Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 17(2), 135-145.

Susiatia, A., Mukadarc, S., Joleha Nacikitd, N., Buru, I., & Bassalama, J. P. D. H. NILAI EDUKASI DALAM NOVEL PARTIKEL KARYA DEWI LESTARI.

Wulandari, S., & Siregar, E. D. (2020). Kajian Semiotika Charles Sanders Pierce: Relasi Trikotomi (Ikon, Indeks dan Simbol) dalam Cerpen Anak Mercusuar Karya Mashdar Zainal. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 4(1), 29-41.

Yuliantini, Y. D., & Putra, A. W. (2017). Semiotika dalam Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu Karya Tere Liye. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 1(2), 65-72.

Yuwita, N. (2018). Representasi Nasionalisme Dalam Film Rudy Habibie (Studi Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce). Jurnal Heritage, 6(1), 40-48.




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.7.1.94-101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226


Jurnal Pena Literasi Indexing By:

      

 

View My Stats
Powered by Puskom-UMJ