PEMANFAATAN APLIKASI FONBI DALAM PEMBELAJARAN MATERI TEKS LAPORAN PENGAMATAN

Vebby Novedra Utami, Nursaid Nursaid, Nurul Suryani, Claudhea Enjelina Detrial, Annisa Nurul Rahma

Abstract


Dalam Kurikulum Merdeka pada jenjang Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP), keterampilan menyaji teks laporan pengamatan menjadi salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa kelas VIII dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Keterampilan ini memegang peranan penting dalam mengasah kemampuan siswa dalam berpikir, menyusun informasi, serta mengkomunikasikan hasil pengamatan dengan cara yang sistematis dan jelas. Dari tantangan ini, muncul keingintahuan peneliti terhadap potensi dan efektivitas pemanfaatan aplikasi FonBi sebagai alat bantu dalam mengembangkan keterampilan menyaji teks laporan pengamatan ini. Penelitian ini mengarahkan fokusnya pada upaya mengeksplorasi sejauh mana kemampuan siswa dalam menerapkan model Project Based Learning (PjBL) yang didukung oleh aplikasi FonBi dalam proses pembelajaran menyaji teks laporan pengamatan di kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed mothods atau metode campuran Dengan menggali pengalaman dan hasil secara mendalam, penelitian ini mengarah pada pemahaman tentang bagaimana aplikasi FonBi dapat berperan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran menyaji teks laporan pengamatan pada siswa kelas VIII SMPN 2 Pariaman.


Keywords


Keterampilan Menyaji; FonBi, Project Based Learning; Teks Laporan Pengamatan

Full Text:

PDF

References


Amanda, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Instalasi Penerapan Listrik Dengan Menggunakan Model PjBL Di Kelas XI SMKN 1 Aceh Barat Daya (Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY).

Khairani, Z. (2022). Kajian Project Based Learning Blended Learning Sebagai Model Pembelajaran Pasca Pandemi dan Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 230-249.

Khusna, S. J., & Mulyaningtyas, R. (2022). KOLASE: Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Berbasis Model PjBL. KOLASE, 1(2), 1-9.

Rahma, U. L., & Pristiwati, R. (2019). Keterampilan Menyajikan Teks Persuasi Melalui Model Scaffolding dengan Media Kartu Cerita Lingkungan Kita (Kartalita). Jurnal Profesi Keguruan, 5(2), 180-183.

Nursaid, Ghaluh, B. M., Hayati, Y., Nasution, M. I., Ningsih, A. G., Wulandari, E., & Harahap, A. T. (2024). Development of FonBi Application: A Phonetic Transcription Tool Assisted by Artificial Intelligence for Indonesian Language. International Journal of Information and Education Technology, 14(1).

. (2022). Communication, Inquiring, Networking, Teaching, Applying (CINTA) as an Effective Learning Model to Improve Students‟ Critical and Creative Thinking Skills. International Journal of Information and Education Technology, 12(12).

Huang, B., & Hew, K. F. T. (2016). Measuring learners’ motivation level in massive open online courses. International Journal of Information and Education Technology.

Sari, dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Universitas Bung Hatta : Padang . 30(1):79-83.

Susilawati, S., Mahsun, M., & Mahyudi, J. (2020). Kemampuan Guru Bahasa Indonesia Sma, Smk, Dan Ma Di Kota Mataram Dalam Merancang Rencana Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(3).




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.6.2.237-244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

View My Stats

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226

 
Powered by Puskom-UMJ