PEMANFAATAN APLIKASI FONBI DALAM PEMBELAJARAN MATERI TEKS LAPORAN PENGAMATAN
DOI:
https://doi.org/10.24853/pl.6.2.237-244Keywords:
Keterampilan Menyaji, FonBi, Project Based Learning, Teks Laporan PengamatanAbstract
Dalam Kurikulum Merdeka pada jenjang Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP), keterampilan menyaji teks laporan pengamatan menjadi salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa kelas VIII dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Keterampilan ini memegang peranan penting dalam mengasah kemampuan siswa dalam berpikir, menyusun informasi, serta mengkomunikasikan hasil pengamatan dengan cara yang sistematis dan jelas. Dari tantangan ini, muncul keingintahuan peneliti terhadap potensi dan efektivitas pemanfaatan aplikasi FonBi sebagai alat bantu dalam mengembangkan keterampilan menyaji teks laporan pengamatan ini. Penelitian ini mengarahkan fokusnya pada upaya mengeksplorasi sejauh mana kemampuan siswa dalam menerapkan model Project Based Learning (PjBL) yang didukung oleh aplikasi FonBi dalam proses pembelajaran menyaji teks laporan pengamatan di kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed mothods atau metode campuran Dengan menggali pengalaman dan hasil secara mendalam, penelitian ini mengarah pada pemahaman tentang bagaimana aplikasi FonBi dapat berperan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran menyaji teks laporan pengamatan pada siswa kelas VIII SMPN 2 Pariaman.References
Amanda, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Instalasi Penerapan Listrik Dengan Menggunakan Model PjBL Di Kelas XI SMKN 1 Aceh Barat Daya (Doctoral dissertation, UIN AR-RANIRY).
Khairani, Z. (2022). Kajian Project Based Learning Blended Learning Sebagai Model Pembelajaran Pasca Pandemi dan Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 230-249.
Khusna, S. J., & Mulyaningtyas, R. (2022). KOLASE: Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Berbasis Model PjBL. KOLASE, 1(2), 1-9.
Rahma, U. L., & Pristiwati, R. (2019). Keterampilan Menyajikan Teks Persuasi Melalui Model Scaffolding dengan Media Kartu Cerita Lingkungan Kita (Kartalita). Jurnal Profesi Keguruan, 5(2), 180-183.
Nursaid, Ghaluh, B. M., Hayati, Y., Nasution, M. I., Ningsih, A. G., Wulandari, E., & Harahap, A. T. (2024). Development of FonBi Application: A Phonetic Transcription Tool Assisted by Artificial Intelligence for Indonesian Language. International Journal of Information and Education Technology, 14(1).
. (2022). Communication, Inquiring, Networking, Teaching, Applying (CINTA) as an Effective Learning Model to Improve Students‟ Critical and Creative Thinking Skills. International Journal of Information and Education Technology, 12(12).
Huang, B., & Hew, K. F. T. (2016). Measuring learners’ motivation level in massive open online courses. International Journal of Information and Education Technology.
Sari, dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Universitas Bung Hatta : Padang . 30(1):79-83.
Susilawati, S., Mahsun, M., & Mahyudi, J. (2020). Kemampuan Guru Bahasa Indonesia Sma, Smk, Dan Ma Di Kota Mataram Dalam Merancang Rencana Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(3).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).