SUDUT PANDANG DALAM KUMPULAN CERPEN KABUT DI TERAS SENJA KARYA SUTINI DAN IMPLIKASI TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Nurulanningsih Nurulanningsih, Arafi Senja

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sudut pandang dalam kumpulan cerpen Kabut di Teras Senja karya Sutini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini sudut pandang dalam buku kumpulan cerpen Kabut di Teras Senja  karya Sutini. Data yang dianalisis dalam penelitian ini berupa kata, kalimat, paragraf, atau petikan teks yang berhubungan dengan sudut pandang pencerita dalam buku kumpulan cerpen Kabut di Teras Senja karya Sutini. Temuan dalam dalam kumpulan  cerpen Kabut di Teras Senja karya Sutini yaitu sudut pandang orang pertama aku sebagai tokoh tambahan, sudut pandang orang pertama aku sebagai tokoh utama, sudut  pandang orang ketiga dia maha tahu, sudut pandang orang ketiga terbatas dan sdut pandang orang ketiga pengamat. Penelitian ini berimplikasi terhadap pembelajaran bahasa dan sastra di SMA kelas X1 yakni pada Alur Tujuan Pembelajaran 11.14 yakni  Peserta didik mampu menganalisis cerpen sejarah untuk menemukan unsur-unsur pembangun sebuah cerpen dan Alur Tujuan Pembelajaran 11. 15 Peserta didik mampu menulis cerpen denan tema tertentu (kearifan local) atau berdasarkan inspirasi film pendek yang ditonton. Melalui hasil penelitian ini, diharapkan guru dapat mempergunakan contoh-contoh sudut yang telah dianalisis sehingga dapat membantu siswa dalam menemukan unsur pembangun dan menulis cerpen.

Keywords


cerpen; sastra; sudut pandang,

Full Text:

PDF

References


Ahmad, K., Ulina, S., & Sidiqin, M. A. (2020). Hubungan Penguasaan Unsur Instrinsik Cerpen Dengan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMK Swasta Maju Binjai. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, Vol. 17, No. 1, 07--19.

Akhadi. (2017). Nilai Moral Pada Novel Hujan Karya Tere Liye dan Sekenario Pembelajarannya di kelas XI SMA. Skripsi, Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Amma, Harliyana, I., & Rasmiyah. (2022). Analisis Unsur Instrinsik dan Ekstrinsik Dalam Novel Te O Toriatte (Genggam Cinta) Karya Akmal Nasery Basral. Kande: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 3, No. 2, 227--239.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.

Ardiana, Z., Nazaruddin, K., & Suyanto, E. (2014). Sudut Pandang Pencerita Dalam Novel Padang Bulan Karya Andrea Hirata. Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, Vol. 2, No. 1, (1--10).

Arif, T. A. (2022). Cerpen Berbasis Nilai Karakter. Sukabumi: Haura Utama.

Aunillah, E. I. (2022). Guru Mahir Menulis Kreatif. Yogyakarta: Araska.

Damariswara, R. (2018). Konsep Dasar Kesusastraan. Banyuwangi: LPPM Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi.

Fatin, I., & Camalia, M. (2015). Bahasa Indonesia SMP. Jakarta Selatan: PT. Kawah Media.

Hasanah, E. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Uad Press.

Kasmawati. (2023). Teori Sastra. Padang: Pt. Global Eksekutif Teknologi.

Kusmayadi, I. (2008). Think Smart Bahasa Indonesia. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Lestari, S., Rakhmawati, A., & Rohmadi, M. (2016). Analisis Unsur Instrinsik dan Ekstrinsik Pada Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2014 Serta Relevasinya Sebagai Materi Pembelajaran Sastra di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Basastra, Vol. 4, No. 1, (183--202).

Nurgiyantoro, B. (2018). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurhayati, S. (2022). Cerita Pendek dan Cerita Fantasi. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Ritauddinz, A. A. (2011). Sudut Pandang Dalam Novel Edensor Karya Andrea Hirata dan Kelayakannya Sebagai Bahan Ajar di SMA. Skripsi, Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sutarni, S. (2008). Bahasa Indonesia 2 SMA Kelas XI. Jawa: Quadra.

Susilawati, N., Sobari, T., & Wuryani, W. (2020). Analisis Instrinsik Pada Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal Elsaadawi. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 3. No. 6, 901--908.

Sutini. (2021). Kabut di Teras Senja. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Widiyati, S. (2020). Buku Ajar Kajian Prosa Fiksi. Sulawesi Tenggara: LPPM Universitas Muhammadiyah Button Press.




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.7.1.51-60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226


Jurnal Pena Literasi Indexing By:

      

 

View My Stats
Powered by Puskom-UMJ