KESALAHAN GAYA BERBAHASA PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM CAPTION DAN KOMENTAR EDISI OKTOBER-DESEMBER 2023

Elan Halid

Abstract


Kesalahan berbahasa Indonesia merupakan tindakan atau kegiatan berbahasa berupa pemakaian bahasa yang kurang benar dan menyimpang dari kaidah-kaidah yang terdapat dalam bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan karena kurangnya wawasan masyarakat tentang kaidah penggunaan bahasa yang baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai bentuk kesalahan yang terdapat  dalam caption dan komentar pada media sosial Instagram edisi Oktober-Desember 2023, seperti: redudansi, keambiguitasan makna, dan kerancuan makna. Kajian teori yang digunakan dalam penelitian ini di antaranya: (1) Analisis kesalahan berbahasa, (2) Semantik, (3) Media Sosial, dan (4) Instagram. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Data yang dipakai dalam penelitian ini adalah kesalahan dalam pemakaian kata berupa redundansi, keambiguitasan makna, dan kerancuan makna. Sedangkan sumber datanya adalah media sosial Instagram. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni: (1) peneliti mengakses caption dan komentar dalam media sosial Instagram, (2) melakukan foto layar pada media sosial Instagram yang terdapat kesalahan bahasa dalam kajian semantik, dan (3) mencatat hasil foto layar secara keseluruhan. Ada beberapa data yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu: (a) Redudansi terdapat 6 data (1.a, 2.a, 3.a, 4.a, 5.a, 6.a), (b) Keambiguitasan Makna terdapat 17 data (1.b, 2.b, 3.b, 4.b, 5.b, 6.b, 7.b, 8.b, 9.b, 10.b, 11.b, 12.b, 13.b, 14.b, 15.b, 16.b, 17.b), dan (c) Kerancuan Makna terdapat 13 data (1.c, 2.c, 3.c, 4.c, 5.c, 6.c, 7.c, 8.c, 9.c, 10.c, 11.c, 12.c, 13.c). Jumlah keseluruhan data dalam penelitian ini adalah sebanyak 36 data.

 


Keywords


Kesalahan Berbahasa, Media Sosial Instagram, Caption dan Komentar.

Full Text:

PDF

References


Amilia, F. dan Astri W. A. (2019). Semantik Konsep dan Contoh Analisis. Malang: Pustaka Abadi.

Astuti. (2022). Semantik. Magelang: Pen Fighters.

Butar, C. (2021). Semantik. Medan: Umsu Press.

Chandra, F. (2021). Social Media Marketing, Strategi Memaksimalkan Media Sosial. Yogyakarta: Diva Press.

Dewi, L. S. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Jawa Barat: Guepedia.

Eriyanti, R.W, dkk. (2019). Linguistik Umum. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Estiana, R. dkk. 2022. Efektivitas Media Sosial sebagai Media Promosi pada UMKM. Yogyakarta: Deepublish.

Ginting, R. (2021). Etika Komunikasi dalam Media Sosial: Saring Sebelum Sharing. Cirebon: Penerbit Insania.

Halid, E. (2023). Analisis Kesalahan Bahasa pada Surat Kabar Online Okezonenews.Com Edisi Agustus-September 2022 (Kajian Semantik). Pena Literasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 6 (1).

Imaroh, Z. dkk. (2023). Pertanggungjawaban Pidana Penyebaran Berita Hoax di Media Sosial. Pekalongan: NEM.

Khlimiyah, A. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Bantul: Samudra Biru.

Kurniawan, A. dkk. (2023). Semantik. Padang: Global Eksekutif Teknologi.

Manaf, N. A. (2008). Semantik. Padang: Sukabina offest.

Mantasiah dan Yusri. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa: Sebuah pendekatan dalam Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Deepublish.

Rahmawati, I. dkk. Efektivitas Penggunaan Media Sosial untuk Pengembangan UMKM Kabupaten Jombang. Jombang: LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.

Puspitasari, R. C. dan Purwati. A. (2022). Kesalahan Berbahasa pada Berita Daring di Website Malang Posco Media Edisi Februari 2022. Pena Literasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 5 (2).

Seepudin, A. (2023). Kajian Penerapan Linguistik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Sukabumi: Jejak Publisher.




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.7.1.80-93

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

View My Stats

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226

 
Powered by Puskom-UMJ