PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MATERI MENULIS TEKS TANGGAPAN BERBANTUAN MEDIA GOOGLE SITES
DOI:
https://doi.org/10.24853/pl.7.2.173-186Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi dalam hal membaca yang mana berdampak dalam kegiatan menulis peserta didik dan rendahnya minat pada sebagian peserta didik terhadap pembelajaran menulis yang dianggap membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning dalam materi menulis teks tanggapan berbantuan media google sites. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 3 GunungSindur dengan populasi penelitian yang berjumlah 80 peserta didik yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelas 7.1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 40 peserta didik dan kelas 7.3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif (true experiment) dengan rancangan penelitian post-test only. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, terdapat adanya pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media google sites dengan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Projcet Based Learning (PjBL) berbantuan media google sites. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis statistik menggunakan rumus uji-t, diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 dan nilai thitung yangdiperoleh adalah 9,177 dengan frekuensi df = 78, pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 1,665. Maka, thitung >ttabel artinya Ho ditolak dan Ha diterima dan uji hipotesis yang sudah dilakukan teruji oleh data. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam materi menulis teks tanggapan berbantuan media google sites.Downloads
Published
2024-10-31
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).