PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR

Indri Widayanti, Apri Utami Parta Santi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran Picture dan Picture peserta didik di kelas IV SDN Cireundeu 02. Jenis penelitain ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan terdiri dari 2 siklus yakni: siklus sebelumnya (pra-siklus) dengan menggunakan model PTK menurut Kemmis dan Mc Teggart (1988:14) setiap siklus meliputi: perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflecting). Target penelitian ini adalah peserta didik sebanyak 28 anak. Objek penelitiannya yakni peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode tes dan Instrument yang digunakan yakni berupa lembar evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase hasil belajar peserta didik. Dimana pada Pada Siklus I rata-rata nilai siswa hanya 73%, meningkat menjadi 78% pada Siklus II. Selanjutnya integritas belajar siswa juga meningkat, dan hasil belajar siswa pada siklus I dengan integritas klasikal mencapai 71% pada siklus II meningkat menjadi 86%, yang dimana minimum ketuntasan klasikalnya adalah 75%. Dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran Picture and Picture meningkat.


Keywords


: Model Picture and Picture, Bahasa Indonesia, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Ari Susanti, P. and Nyoman Kusmariyani, N. (2017) ‘Penerapan Model Picture and Picture Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Pengetahuan IPA’, Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), pp. 99–106.

Aryananda, J., Chamisijatin, L. and Hafi, A. (2019) ‘Penerapan Model Think Talk Write Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kalimat Efektif Pada Siswa Kelas Iii Sdn Sumbersari 1 Kota Malang’, Jurnal Basicedu, 3(1), pp. 118–124. Available at: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.105.

Darmawan, I.P.A. and Kristanti, D. (2020) ‘Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture dalam Pembelajaran di Sekolah Minggu’, Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 5(1), pp. 1–12. Available at: http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/38.

Daryanti, D. and Taufina, T. (2020) ‘Penggunaan Media Pembelajaran dalam Model Picture and Picture untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa’, Jurnal Basicedu, 4(2), pp. 484–490. Available at: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.368.

Dedy Mulyasana. (2015) Pendidikan Bermutu Dan Berdaya Saing. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Dwi Utami, W. and Koeswanti, H.D. (2018) ‘Penerapan Model Think Pair Share (TPS) Berbasis Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Matematika’, Jurnal Ilmiah PGSD, 2(2), pp. 122–129.

Fatimah, F. (2021) ‘Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture pada Mata Pelajaran IPS Materi Masyarakat Indonesia pada Masa Praaksara di Kelas VII SMPN 2 Lambitu Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021’, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), pp. 351–360. Available at: https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.59.

Habibi, Y. and Adnan, M.F. (2021) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu, 5(5), pp. 3399–3412. Available at: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1316.

Juhji Juhji. (2017) 'Profesi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan', Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M IAIN Sultan Maulana Hassanuddin Banten.

Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas SDN, T.V. et al. (2023) ‘Penerapan Model Problem Based Learning (PBL)’, 8(4), pp. 350–363. Available at: http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/.

Nurbayani, E. (2012) ‘Penilaian Acuan Patokan (PAP) Di Perguruan Tinggi (Prinsip Dan Operasionalnya)’, Dinamika Ilmu, 12(1), pp. 1–9.

Picture, M. (2024) ‘Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas I SD Negeri 009 Padang Kunik Kecamatan’, 1, pp. 166–172.

Prihatini, A.S., Gustiawati, S.G. and Sutisna, S. (2022) ‘Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mi Al–Ikhlas Cicadas Bogor’, Koloni, 1(3), pp. 393–402.

Tarigan, M. et al. (2022) ‘Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia’, Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), pp. 149–159. Available at: https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3922.

Yanuarti, E. et al. (2023) ‘Analisis Model Pembelajaran Picture aand Picture Pada Pembelajaran SKI MTS Negeri 2 Kepahiang’, Jurnal Ilmiah Kebudayaan dan Agama, 1(4), pp. 40–54.

Yudi Bachtiar, Puspita Yulianti Pertiwi. (2024) Keefektifan Metode Think-Talk-Write (TTW) Dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi di Sekolah Dasar. Purwakarta




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.7.2.232-241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

View My Stats

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226

 
Powered by Puskom-UMJ