PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGAPRESIASIKAN NOVEL MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE SISWA KELAS IX SMPN 10 PAYAKUMBUH

Sufia Retti

Abstract


penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa dalam mengapresiasi sastra. Hal ini terlihat pada nilai harian siswa yang berada di bawah kriteria ketuntasan minimum. Rendahnya keterampilan mengapresiasi novel tersebut berasal dari rendahnya minat baca siswa. Siswa perlu dihadapkan pada karya novel secara utuh tidak berupa sinopsis. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Data penelitian diperoleh dalam bentuk data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan dan angket.Data kuantitatif diperoleh melalui tes akhir siklus.Temuan penelitian menunjukan bahwa pembelajaran mengapresiasikan novel siswa meningkat melalui pendekatan kooperatif tipe TPS. Peningkatan tersebut pada hasil tes siklus  1 dengan rata-rata 68,99 dan siklus II 79,22. Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya peningkatan tersebut diantaranya; pemilihan metode yang sesuai dengan materi dan karakteristik siswa, rencana dan tindakan guru yang tepat, dan memotivasi siswa sehingga bersemangat dan aktif dalam belajar.

 

Kata kunci; peningkatan, keterampilan, mengapresiasi novel, kooperatif


Full Text:

PDF

References


Aminuddin. 2009. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Esten, Mursal. 1988. Menjelang Teori dan Kritik Susastra Indonesia Yang Relevan. Bandung: Angkasa.

Ibrahim, Muslimin dkk. 2005. Pembalajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA-University Press.

Kurniawan, Heru. 2009. Sastra Anak Dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotika, Hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning Mempraktikkan Kooperatif di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Sanjaya, Wina. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Semi, M. Atar. 1988. Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Waluyo, Herman J. 2002. Apresiasi Puisi Untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta: Gramedia Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.1.1.65-73

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

View My Stats

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226

 
Powered by Puskom-UMJ