PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGAPRESIASIKAN NOVEL MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE SISWA KELAS IX SMPN 10 PAYAKUMBUH
DOI:
https://doi.org/10.24853/pl.1.1.65-73Abstract
penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa dalam mengapresiasi sastra. Hal ini terlihat pada nilai harian siswa yang berada di bawah kriteria ketuntasan minimum. Rendahnya keterampilan mengapresiasi novel tersebut berasal dari rendahnya minat baca siswa. Siswa perlu dihadapkan pada karya novel secara utuh tidak berupa sinopsis. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Data penelitian diperoleh dalam bentuk data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan dan angket.Data kuantitatif diperoleh melalui tes akhir siklus.Temuan penelitian menunjukan bahwa pembelajaran mengapresiasikan novel siswa meningkat melalui pendekatan kooperatif tipe TPS. Peningkatan tersebut pada hasil tes siklus 1 dengan rata-rata 68,99 dan siklus II 79,22. Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya peningkatan tersebut diantaranya; pemilihan metode yang sesuai dengan materi dan karakteristik siswa, rencana dan tindakan guru yang tepat, dan memotivasi siswa sehingga bersemangat dan aktif dalam belajar. Kata kunci; peningkatan, keterampilan, mengapresiasi novel, kooperatifReferences
Aminuddin. 2009. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Arikunto, Suharsimi dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Esten, Mursal. 1988. Menjelang Teori dan Kritik Susastra Indonesia Yang Relevan. Bandung: Angkasa.
Ibrahim, Muslimin dkk. 2005. Pembalajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA-University Press.
Kurniawan, Heru. 2009. Sastra Anak Dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotika, Hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning Mempraktikkan Kooperatif di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Sanjaya, Wina. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Semi, M. Atar. 1988. Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya.
Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Waluyo, Herman J. 2002. Apresiasi Puisi Untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).