PENGARUH PENGGUNAAN METODE DRILL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS X SMAN 1 KECAMATAN PAYAKUMBUH
DOI:
https://doi.org/10.24853/pl.1.1.45-54Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Dalam penelitian ini digunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang disengaja diberi seperangkat perlakuan dengan menerapkan metode pengeboran sedangkan kelas kontrol menerapkan metode konvensional. Analisis data menunjukkan bahwa metode pengeboran mempengaruhi pembelajaran penulisan naratif pada keterampilan menulis bahasa Indonesia di kelas eksperimen. Hal ini dibuktikan dengan kenaikan nilai siswa, yang pada saat prenting rata-rata / mean adalah 68,16. Setelah metode kolaboratif diterapkan dalam proses belajar di kelas ini, hasil belajar siswa meningkat pada saat pascatest dengan nilai rata-rata 82,60. Sedangkan metode konvensional juga berpengaruh dalam pembelajaran menulis naratif esai tentang subjek bahasa Indonesia di kelas kontrol. Terbukti dengan kenaikan nilai siswa, waktu rata-rata nilai mean adalah 67,72. Setelah metode konvensional diterapkan dalam proses belajar di kelas ini, hasil belajar siswa meningkat pada saat pascates dengan nilai rata-rata 71.40. Berdasarkan hasil pengujian, disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil narasi yang dipelajari. menulis antara metode bor dan metode konvensional. Hal ini terlihat pada perbandingan t hitung dengan t tabel (3.820> 2.021), karena jumlah t hitung lebih tinggi daripada t tabel maka Ha (Alternative Hypotesis) diterima. Ini, hasil belajar siswa kelas eksperimen yang dipuji oleh metode bor lebih baik daripada siswa mengendalikan hasil belajar kelas tanpa menggunakan metode konvensional. Kata kunci : metode drill, metode konvensional, menulis karangan narasi.References
Arikunto Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Nurudin. 2007. Dasar-dasar Penulisan. Malang: UMM Press.
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Semi Atar. 2008. Dasar-dasar keterampilan menulis. Bandung: Angkasa.
Sudjana Nana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Yusuf, Muri. 2008. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan Gabungan. Padang: Prenada Media Grup
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).