PENGARUH PENGGUNAAN METODE DRILL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS X SMAN 1 KECAMATAN PAYAKUMBUH

Sri Mures Walef

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Dalam penelitian ini digunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang disengaja diberi seperangkat perlakuan dengan menerapkan metode pengeboran sedangkan kelas kontrol menerapkan metode konvensional. Analisis data menunjukkan bahwa metode pengeboran mempengaruhi pembelajaran penulisan naratif pada keterampilan menulis bahasa Indonesia di kelas eksperimen. Hal ini dibuktikan dengan kenaikan nilai siswa, yang pada saat prenting rata-rata / mean adalah 68,16. Setelah metode kolaboratif diterapkan dalam proses belajar di kelas ini, hasil belajar siswa meningkat pada saat pascatest dengan nilai rata-rata 82,60. Sedangkan metode konvensional juga berpengaruh dalam pembelajaran menulis naratif esai tentang subjek bahasa Indonesia di kelas kontrol. Terbukti dengan kenaikan nilai siswa, waktu rata-rata nilai mean adalah 67,72. Setelah metode konvensional diterapkan dalam proses belajar di kelas ini, hasil belajar siswa meningkat pada saat pascates dengan nilai rata-rata 71.40. Berdasarkan hasil pengujian, disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil narasi yang dipelajari. menulis antara metode bor dan metode konvensional. Hal ini terlihat pada perbandingan t hitung dengan t tabel (3.820> 2.021), karena jumlah t hitung lebih tinggi daripada t tabel maka Ha (Alternative Hypotesis) diterima. Ini, hasil belajar siswa kelas eksperimen yang dipuji oleh metode bor lebih baik daripada siswa mengendalikan hasil belajar kelas tanpa menggunakan metode konvensional. 

Kata kunci : metode drill, metode konvensional, menulis karangan narasi.


Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nurudin. 2007. Dasar-dasar Penulisan. Malang: UMM Press.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Semi Atar. 2008. Dasar-dasar keterampilan menulis. Bandung: Angkasa.

Sudjana Nana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Yusuf, Muri. 2008. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan Gabungan. Padang: Prenada Media Grup




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.1.1.45-54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

View My Stats

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226

 
Powered by Puskom-UMJ