PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAAMBOOZLE PADA MATERI TEKS PROSEDUR UNTUK SISWA KELAS VII
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah media pembelajaran yang digunakan pendidik masih bersifat konvensional dan kurang variatif, sehingga minat dan pemahaman peserta didik terhadap materi teks prosedur masih rendah. Sementara itu, peserta didik menunjukkan minat yang tinggi terhadap media pembelajaran berbasis permainan edukatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis permainan interaktif Baamboozle pada materi teks prosedur untuk peserta didik kelas VII SMP, serta mengukur tingkat kelayakan dan respon pengguna terhadap media yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap: (1) analisis kebutuhan dan karakteristik peserta didik, (2) perancangan produk, (3) pengembangan produk yang melibatkan validasi ahli, (4) implementasi media pembelajaran dengan uji coba terbatas dan luas, dan (5) evaluasi efektivitas media. Data diperoleh melalui observasi, wawancara guru, serta angket validasi dari ahli media, ahli materi, dan angket respon peserta didik. Hasil validasi menunjukkan: 1) validasi ahli media memperoleh skor 98% dengan kriteria sangat layak, 2) validasi ahli materi memperoleh skor 100% dengan kriteria sangat layak, 3) uji coba kelas kecil menghasilkan skor 94%, dan 4) uji coba kelompok besar memperoleh skor 95%. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran Baamboozle dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran interaktif dan mendapatkan respon positif dari peserta didik. Oleh karena itu, media ini direkomendasikan sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran teks prosedur bagi peserta didik kelas VII SMP. Kata kunci: Media Pembelajaran; Baamboozle; Teks ProsedurDownloads
Published
2025-04-29 — Updated on 2025-05-11
Versions
- 2025-05-11 (3)
- 2025-05-11 (2)
- 2025-04-29 (1)
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).