PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA SMPN 118 JAKARTA
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training menggunakan media audiovisual terhadap kemampuan menulis puisi siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 118 Jakarta selama semester genap tahun ajaran 2016/2017, dimulai pada bulan Maret hingga Juni 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian Pretes-Postes Control Group Design pada dua kelompok. Pengambilan data penelitian dilakukan sebanyak empat kali, yaitu dua kali di kelas eksperimen dan dua kali di kelas control. Hasil uji analisis terhadap sampel dari kedua kelas menunjukkan bahwa sampel berdistribusi normal dengan L0 (0,0926) < Lt (0,1497) pada saat eksperimen dan L0 (0,1231) < Lt (0,157) pada saat kelas kontrol dengan taraf signifikan pada dua kelas α = 0,05. Selain itu, hasil uji homogenitas memiliki data yang bersifat homogen. Hal ini ditandai dengan diperolehnya x²tabel = 43,8 > x²hitung = 15,42 dengan derajat kebebasan (dk) 35+32-2 = 65. Berdasarkan hasil perhitungan data dengan menggunakan Uji-t ditemukan bahwa terdapat pengaruh terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 118 Jakarta. Hal ini ditandai dengan terdapatnya thitung = 3,463 > ttabel = 1,67 dalam taraf nyata 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry training melalui penggunaan media audiovisual terhadap kemampuan menulis puisi kelas VIII SMP Negeri 118 Jakarta, (Hi), diterima . Dengan kata lain, model pembelajaran inquiry training dan media audiovisual mampu mempercepat proses pemahaman siswa terhadap isi pembelajaran.
Kata Kunci: Model pembelajaran inquiry training, keterampilan menulis puisi, penelitian eksperimen
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24853/pl.1.2.114-123
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, e-ISSN: 2614-8226