PENERAPAN MEDIA MUSIKALISASI PUISI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI PUISI SISWA X MIPA3 SMAN 87 JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.24853/pl.1.2.124-137Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan apresiasi puisi siswa kelas X SMAN 87 Jakarta pada mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia melalui penerapan media musikalisasi puisi. Subjek penelitian yang yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X MIPA3 SMAN 87 Jakarta tahun ajaran 2016/2017. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan tindakan dan implementasi di lokasi penelitian terbagi dalam dua siklus. Pada siklus pertama, implementasi tindakan dengan menggunakan media musikalisasi puisi dilaksanakan satu kali pertemuan. Siklus II menggunakan desain yang sama seperti desain pembelajaran yang dilakukan pada siklus I. Pada setiap siklus lebih menekankan pada aspek-aspek yang membangun musikalisasi dalam apresiasi. Setelah siklus I dan II dilaksanakan, diadakan posttest. Posttest dilaksanakan untuk membandingkan hasil pembelajaran dengan media musikalisasi puisi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan apresiasi puisi. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil prasiklus, siklus I dan siklus II. Pertama, berdasrkan prasiklus di peroleh hasil dengan nilai rata-rata 43,4. Kedua, berdasarkan siklus I diperoleh hasil dengan nilai rata-rata 74,4. Ketiga, berdasarkan siklus II diperoleh nilai rata-rata 83,25. Hal ini menunjukkan peningkatan kemampuan apresiasi siswa setelah dilaksanakan media musikalisasi puisi.Kata Kunci: Apresiasi, Puisi, dan Media MusikalisasiReferences
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Mulyadi, Yadi. 2016. Bahasa Indonesia untuk siswa SMA-MA/SMK-MAK Kelas X. Bandung: Yrama Widya.
Kosasih. 2008. Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Nobel Edumedia.
Salad Hamdy. 2015. Panduan Wacana dan Apresiasi Musikalisasi Puisi. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Penegembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).