PENERAPAN MEDIA MUSIKALISASI PUISI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI PUISI SISWA X MIPA3 SMAN 87 JAKARTA

Khaerunisa Khaerunisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan apresiasi puisi siswa kelas X SMAN 87 Jakarta pada mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia melalui penerapan media musikalisasi puisi. Subjek penelitian yang yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X MIPA3 SMAN 87 Jakarta tahun ajaran 2016/2017. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan tindakan dan implementasi di lokasi penelitian terbagi dalam dua siklus. Pada siklus pertama, implementasi tindakan dengan menggunakan media musikalisasi puisi dilaksanakan satu kali pertemuan. Siklus II menggunakan desain yang sama seperti desain pembelajaran yang dilakukan pada siklus I. Pada setiap siklus lebih menekankan pada aspek-aspek yang membangun musikalisasi dalam apresiasi. Setelah siklus I dan II dilaksanakan, diadakan posttest. Posttest dilaksanakan untuk membandingkan hasil pembelajaran dengan media musikalisasi puisi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan apresiasi puisi. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil prasiklus, siklus I dan siklus II. Pertama, berdasrkan prasiklus di peroleh hasil dengan nilai rata-rata 43,4. Kedua, berdasarkan siklus I diperoleh hasil dengan nilai rata-rata 74,4. Ketiga, berdasarkan siklus II diperoleh nilai rata-rata 83,25. Hal ini menunjukkan peningkatan kemampuan apresiasi siswa setelah dilaksanakan media musikalisasi puisi.

Kata Kunci: Apresiasi, Puisi, dan Media Musikalisasi


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Mulyadi, Yadi. 2016. Bahasa Indonesia untuk siswa SMA-MA/SMK-MAK Kelas X. Bandung: Yrama Widya.

Kosasih. 2008. Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Nobel Edumedia.

Salad Hamdy. 2015. Panduan Wacana dan Apresiasi Musikalisasi Puisi. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Penegembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.1.2.124-137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

View My Stats

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226

 
Powered by Puskom-UMJ