ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA KARANGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.24853/pl.1.2.92-107Abstract
Huruf kapital dan tanda baca merupakan bagian dari komponen ortografi yang harus diperhatikan di dalam tulisan. Berdasarkan pengalaman penulis, terdapat kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca yang dilakukan mahasiswa saat belajar bahasa Indonesia ketika menulis karangan mahasiswa. Kesalahan ini tidak disadari karena lebih terfokus pada isi tulisan dibandingkan dengan cara penulisannya. Akibatnya, tidak jarang mahasiswa melakukan kesalahan pada penggunaan huruf kapital dan tanda baca dalam bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan ejaan pada penggunaan huruf kapital dan tanda baca dalam karangan mahasiswa, jenis-jenis kesalahan yang dilakukan serta mengetahui faktor-faktor penyebab kesalahan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 26 kesalahan yang terdiri dari 17 kesalahan penggunaan huruf kapital dan 9 kesalahan penggunaan tanda baca yang dilakukan oleh mahasiswa dalam karangan. Kesalahan penggunaan huruf kapital paling banyak terdapat pada jenis penggunaan huruf kapital untuk menunjukkan kata tempat, penggunaan tanda baca paling banyak dilakukan mahasiswa pada enggunaan tanda titik (.) dan tanda koma (,). Dari hasil penelitian tersebut disarankan agar mahasiswa mempelajari lebih dalam serta meningkatkan frekuensi latihan tentang aturan penggunaan huruf kapital dan tanda baca bahasa Indonesia. Kata Kunci: penggunaan huruf, tanda baca, kesalahan berbahasaReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian(Jakarta: Rineka Cipta.
Badudu, J.S. 1988. Inilah Bahasa Indonesia yang Benar. Jakarta: PT. Gramedia.
Brown, H. Douglas. 1994. Principles of Language Learning and Teaching San Francisco: Prentince Hall Regents.
Corder, S.P. 1981. Eror Analysis and Interlanguage Oxford: Oxford University Press
Ernawati, Waridah. 2009. Ejaan Yang Disempurnakan dan Seputar Kebahasaan-Indonesia. Jakarta: Kawan Pustaka.
Gani, Ramlan A. dan Mahmudah Firiyah Z.A. 2010. Disiplin Berbahasa Indonesia, Jakarta: FITK Press, cet ke-1
Gorys, Keraf. 1997. Komposisi. Ende Flores: Nusa Indah.
James, Carl. 1998. Eror in Language Learning and Use. London: Longman.
Richards, Jack C. 1974. Error Analysis: Perspective on Second Language Acqusition. London: Longman.
Subyakto, Sri Utari-Nababan. 1994. Analysis Kontrastif dan Kesalahan: Suatu Kajian dari Sudut Pandang Guru Bahasa. Jakarta: PPs IKIP Jakarta.
Sugiyono. 2007. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta
Supriyadi. 1986. Buku Materi Pokok Analisis Kesalahan Berbahasa: PINA2235/2SKS/Modul 1-3 Jakarta: Karunika Jakarta Universitas Terbuka.
Sriyanto. 2016. Ejaan. Jakarta: Pusat Pembinaan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).