Representasi Konsep Ketuhanan: Analogi Cerita dalam Novel Semua Ikan di Langit karya Ziggy Z

Ila Rohmatin Shofa

Abstract


Novel Semua Ikan di Langit menceritakan kisah berbagai perjalanan sebuah Bus Damri dan berbagai macam penumpangnya. Salah satu karakter dalam novel ini yaitu Beliau, Beliau lah yang memimpin perjalanan sebuah Bus dalam kota dan ikan julung-julung di luar Angkasa. Tokoh Beliau bisa jadi adalah metafora dari Tuhan yang mengenalkan dunia dan seisinya kepada sebuah bus. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, bagaimana konsep Ketuhanan dan makna simbolik Ketuhanan  yang disajikan dalam novel Semua Ikan di Langit. Tujuan dari penelitian ini yaitu, mendeskripsikan konsep Ketuhanan dan makna simbolik Ketuhanan dalam novel Semua Ikan di Langit. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan Semiotika. Hasil penelitaian akan menunjukkan konsep Ketuhanan yang di representasikan melalui cerita-cerita dari berbagai perjalanan Beliau,ikan julung-julung. Bus damri dan yang lainnya. Dari perjalanan Beliau dan rombongan dapat ditemukan beberapa sifat Beliau yang mirip bahkan sama dengan Tuhan. Beberapa sifat Tuhan yang juga dimiliki Tokoh Beliau yaitu, Maha Mendengar, Maha Kuasa, Maha Mengetahui dan juga Zat yang abadi.

Kata kunci: Ketuhanan, Analogi, Representasi


Full Text:

PDF

References


Baharudin. (2014). Konsep Ketuhanan Sepanjang Sejarah Manusia. Al-Adyan, 35-36..

Fajar Risman Gunawan, S. (2018). SIMBOL DALAM KUMPULAN PUISI SERIBU KEKUPU KARYA SURACHMAN RADEA MAMAN . Lingua Franca, 102-103.

Febri Nur Indahsari, S. d. (2013). Konsep Nrima pada Novel Pengakuan Pariyem: Kajian Semiotika Umberto Eco. Jurnal Sastra Indonesia, 2-4.

Patriansyah, M. (2014). Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Karya Patung Rajudin Berjudul Manyeso Diri. Ekspresi Seni, 242.

Poedjawijatna. (1986). Etika Filsafat Tingkah Laku. Jakarta: PT. Bina Aksara.

Ratna, N. K. (2004). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sobur, A. (2006). Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja rosdakarya.

Zar, S. (2004). FILSAFAT ISLAM Filosof dan Filsafatnya. Jakarta: PT. Rajagrafnda Persada.




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.2.1.8-17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226


Jurnal Pena Literasi Indexing By:

      

 

View My Stats
Powered by Puskom-UMJ