Peningkatan Kemampuan Menulis Eksposisi Melaui Kegiatan Menulis Berita Siswa Kelas X MA Pembangunan UIN Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.24853/pl.2.1.18-29Abstract
Penelitian yang bersifat tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis eksposisi pada siswa kelas X Madrasah Aliyah UIN Jakarta. Upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis tersebut dilakukan melalui kegiatan menulis berita. Kegiatan menulis berita merupakan salah satu kegiatan untuk menggairahkan siswa dalam menulis karangan eksposisi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Sebelum dilakukan tindakan, kemampuan menulis eksposisi siswa kelas X belum memuaskan yaitu bawah KKM, sebesar 64, sedangkan KKM yang ditentukan sebesar 65. Lalu pada langkah berikutnya dilakukan tindakan dengan kegiatan menulis berita. Selama dilakukan tindakan, peneliti melakukan pengamatan untuk melihat motivasi, dan antusiasme siswa dalam kegiatan menulis berita. Lalu peneliti mewawancarai siswa untuk memberikan jawaban maupun tanggapan atas kegiatan menulis berita yang sudah dilakukan. Jawaban atas kegiatan menulis berita dengan menyatakan ya, dan tidak. Pada umumnya mereka menyatakan ya atas pertanyaan yang bersifat santai, senang, tergugah, dan puas. Demikian juga atas pertanyaan sangat senang, senang dan kurang seanag. Pada umumnya mereka menyatakan senang Sebelum dilakukan tindakan, nilai yang diperoleh siswa sebesar 48,85. Setelah peneliti melakukan tindakan siklus pertama, dapat diperoleh nilai kemampuan menulis seksposisi sebesar 66. Pada siklus kedua perolehan nilai sebesar 81. Peneliti juga melakukan pengolahan data kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif. Secara kualitatif maupun kuantitatif, peningkatan kemampuan menulis eksposisi melalui kegiatan menulis berita di kelas X MA UIN Pembangunan Jakarta mengalami peningkatan.Kata kunci: Peningkatan Kemampuan Menulis Eksposisi, BeritaReferences
Akhadiah, Sabarti. 2008. Penulisan Ilmiah. Jakarta, PPs Uhamka.
Anwar, Rosihan. 1993. Bahasa Jurnalistik dan Komposisi, Pradnya Paramita Jakarta.
Basuki Wibawa. 2003, Penelitian Tindakan Kelas–Bahan Ajar Guru Bantu, Jakarta: Gramedia.
Chaer, A. 2007, Kajian Bahasa. Struktur Internal, Pemakaian dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
------------. 2006 Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Milles, Mattew B. & A. Michel Huberman. 1986. Qualitative Data Analysis: Sourcebook of New Methods, London: Sage Publication.
Emzir, 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarata: Rajawali Press.
Heaton, J. B. 1989 Writing English Language.London and New York: Longman.
Samantho, Ahmad Y. 2002. Jurnalistik Islam. Jakarta: Harakah.
Sudarno; Rahman, E. A. 2000. Terampil Berbahasa Indonesia. Jakarta: PT Hikmat Syahid Indah.
Sumadiria, S. S. H., 2006. Jurnaistik Indonesia Menulis Berita dan Feature. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).