Peningkatan Kemampuan Menulis Eksposisi Melaui Kegiatan Menulis Berita Siswa Kelas X MA Pembangunan UIN Jakarta

Muttaqillah Muttaqillah

Abstract


Penelitian yang bersifat tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis eksposisi pada siswa kelas X Madrasah Aliyah UIN Jakarta. Upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis tersebut dilakukan melalui kegiatan menulis berita. Kegiatan menulis berita merupakan salah satu kegiatan untuk menggairahkan siswa dalam menulis karangan eksposisi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Sebelum dilakukan tindakan, kemampuan menulis eksposisi siswa kelas X belum memuaskan yaitu bawah KKM, sebesar 64, sedangkan KKM yang ditentukan sebesar 65. Lalu pada langkah berikutnya dilakukan tindakan dengan kegiatan menulis berita. Selama dilakukan tindakan,  peneliti melakukan pengamatan untuk melihat motivasi, dan antusiasme siswa dalam kegiatan menulis berita. Lalu peneliti mewawancarai siswa untuk memberikan jawaban maupun tanggapan atas kegiatan menulis berita yang sudah dilakukan. Jawaban atas kegiatan menulis berita dengan menyatakan ya, dan tidak. Pada umumnya mereka menyatakan ya atas pertanyaan yang bersifat santai, senang, tergugah, dan puas. Demikian juga atas pertanyaan sangat senang, senang dan kurang seanag. Pada umumnya mereka menyatakan senang Sebelum dilakukan tindakan, nilai yang diperoleh siswa sebesar 48,85. Setelah peneliti melakukan tindakan siklus pertama, dapat diperoleh nilai kemampuan menulis seksposisi sebesar 66. Pada siklus kedua perolehan nilai sebesar 81. Peneliti juga melakukan pengolahan data  kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif. Secara kualitatif maupun kuantitatif, peningkatan kemampuan menulis eksposisi melalui kegiatan menulis berita di kelas X MA UIN Pembangunan Jakarta mengalami peningkatan.

Kata kunci: Peningkatan Kemampuan Menulis Eksposisi, Berita

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabarti. 2008. Penulisan Ilmiah. Jakarta, PPs Uhamka.

Anwar, Rosihan. 1993. Bahasa Jurnalistik dan Komposisi, Pradnya Paramita Jakarta.

Basuki Wibawa. 2003, Penelitian Tindakan Kelas–Bahan Ajar Guru Bantu, Jakarta: Gramedia.

Chaer, A. 2007, Kajian Bahasa. Struktur Internal, Pemakaian dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

------------. 2006 Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Milles, Mattew B. & A. Michel Huberman. 1986. Qualitative Data Analysis: Sourcebook of New Methods, London: Sage Publication.

Emzir, 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarata: Rajawali Press.

Heaton, J. B. 1989 Writing English Language.London and New York: Longman.

Samantho, Ahmad Y. 2002. Jurnalistik Islam. Jakarta: Harakah.

Sudarno; Rahman, E. A. 2000. Terampil Berbahasa Indonesia. Jakarta: PT Hikmat Syahid Indah.

Sumadiria, S. S. H., 2006. Jurnaistik Indonesia Menulis Berita dan Feature. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.2.1.18-29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226


Jurnal Pena Literasi Indexing By:

      

 

View My Stats
Powered by Puskom-UMJ