REPRESENTASI GANGGUAN PSIKOLOGIS TOKOH ORANG PERTAMA DAN ORANG KEDUA DALAM NASKAH DRAMA “ ALJABAR” KARYA ZAK SORGA : TELAAH PSIKOLOGI SASTRA

Ika NurDayana, Hidayah Budi Qur’ani

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk gangguan psikologis yang dialami tokoh pelukis orang pertma dan orang kedua, serta drama menganalisis  konteks awala gangguan psikologis yang diderita oleh tokoh orang pertama dan orang kedua  dalam naskah drama “ALJABAR”. Adapun relevansi yang terdapat pada  naskah drama “ALJABAR” yang ada pada kehidupan sehari-hari pada kehidupan nyata pada masa ini. Masalah pada penelitian adalah adanya gangguan psikologis yang mempengaruhi kepribadian tokoh orang pertama dan tokoh  orang kedua dalam naskah drama “ALJABAR” yang dilatarbelakangi oleh pengalaman dimasalalunya yang berpanguruh pada keberlangsungan kehidupanya. Untuk mengupas hal tersebut digunakan teori psikoanalisis  dan dinamika kepribadian Sigmund Freud. Teori psikoanalisis digunakan sebagai pembedah ganguan psikologis yang terjadi.Dinamika kepribadian digunakan untuk membedah struktur kepribadian tokoh orang pertaa dan orang kdua.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah nasakah “ALJABAR” karya Zak Sorga, sedangkan data yang digunakan dialog antar tokoh yang terdapat pada naskah drama “ALJABAR”. Hasil dari penelitian ini adadalah bentuk ganguan psikologis dan faktor yang melatrbelakanginya  anatara lain: (1)  Emosi , (2) Agresi ,  (3) Seks ,  (4)  Kecemasan , (5) Faktor Masalalu.

Kata Kunci: Dinamika Kepribadian , Gangguan Psikologis , Sigmund Freud.

 


Full Text:

PDF

References


Alwisol.2016.Psikologi Kepribadin.Malang:UMM Press.

Andalas,Eggy Fajar dan H. B. 2017. Narasi Katulistiwa .Malang:Kota Tua.

Anwar,Fuadi.M. (2011). Dinamika Psikologis Kekerasan Seksual: Sebuah Studi Fenomenologi . Jurnal Psikologi Islam .Vol.8 No.2 Hal.192-208.

Buana Putra.2015. Skripsi.Kajian Psikoanalisis Tokoh-Tokoh Dalam Naskah Drama Music-Hall Karya Jean-Luc Lagarce.Universitas Negri Yogyakarta.

Bonar, H. (2011). Emotional Intelegence dan Psychological Well-being pada Manusia Lanjut Usia Anggota Organisasi berbasis. INSAN.Vol. 13 No.02 Hal 64-72.

Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik.Bandung. Remaja Rosdakarya.

Guswani, A. M. (2011 ). Perilaku Agresi Pada Mahasiswa Ditinjau Pada Dari Kematangan Emosi . JurnalPsikologi Pitutur, Volume I, No 2,Hal.686-92.

Fiest, G. F.A. 2017. Teori Kepribadian.Jakarta Selatan: Salemba Humanika.

Nofitra, M. H. (2017). Kajian Psikoanalisis Dalam Novel Pria Terakhir Karya gusnaldi. Jurnal Pendidikan Rokania, 70-89.

Ratna, Nyoman Kutha.2007.Teori Metode, dan Teknik Penelitian Sastra.Yogyakarta: Pusataka Pelajar.

Walgito,B.2010.Pengantar Psikologi Umum.Yogyakarta:Penerbit Andi.

Saraswati,E.R.2011. Pribadi Dalam Novel Ayat-Ayat Cinta Dan Laskar Pelangi:Telaah Psikoanalisis Sigmund Freud. Jurnal Artikulasi, Vol.2 No.12 Hal 883-900.

Zaenuri,A.2008. Esestika Kesadaran :Konsep Seni Menurut Sigmund Freud.Academia.edu.Hal.1-14.




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.2.2.93-104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Pena Literasi Indexing By:

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 

Powered by Puskom-UMJ