PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN SASTRA BERBASIS EKOLOGIS DALAM KUMPULAN CERITA RAKYAT NUSANTARA

Hasrul Rahman, Denik Wirawati, Julivan Nur Ahmad Sidiq

Abstract


Pembelajaran sastra selalu memiliki berbagai macam metode yang dapat digunakan dalam proses kegiatan belajarnya. Melalui pembelajaran sastra, pendidik dituntut untuk lebih kreatif sekaligus peka dalam memilih materi yang menarik untuk disampaikan. Para pendidik saat ini kurang memperhatikan hal tersebut. Para pendidik hanya terpaku pada target-target yang akan disampaikan sesuai materi dan RPP yang sudah ada sebelumnya, tanpa berpikir lebih jauh mengenai hal-hal lain yang dapat dijadikan sumber pembelajaran. Padahal di era seperti sekarang ini, banyak hal yang bisa dimanfaatkan melalui kegiatan pembelajaran sastra untuk membentuk karakter bangsa. Pembentukan karakter dapat dilakukan dengan cara memilih buku-buku sastra yang kaitannya dengan masalah kekinian, misalnya saat ini sedang banyak terjadi kebakaran hutan, sungai yang dipenuhi sampah, dan lain-lain. Problematika tersebut tentunya dapat dikaitkan dengan materi ajar yang akan disampaikan. Dengan mengedepankan kepekaan terhadap hal-hal yang sedang terjadi, tentunya proses pembelajaran sastra akan berjalan dengan baik. Salah satunya mangaitkan pembelajaran sastra berbasis ekologis dengan kumpulan cerita rakyat. Selama ini para pendidik saat mengajarkan materi cerita rakyat hanya sebatas pada isi cerita dan tokoh-tokoh yang terlibat di dalamnya sehingga metode seperti ini sudah seharusnya dicermati kembali agar pembelajaran sastra kedepannya akan lebih menarik dan menyenangkan. Dengan adanya pembelajaran sastra berbasis ekologis peserta didik dituntut untuk menemukan pesan yang berkaitan dengan hubungan antara manusia dan lingkungannya dalam cerita tersebut. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi peserta didik agar mereka tahu tentang pentingnya menjaga lingkungan.

.

Kata kunciPengajaran Sastra, Sastra Ekologi, Cerita Rakyat Nusantara



Full Text:

PDF

References


Endraswara, Suwardi. 2016. Metodologi Penelitiam Ekologi Sastra, Konsep, Langkah, dan Penerapannya. Jakarta: Buku Seru.

Ikranegara, Tira. Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara. Jakarta: Media Pustaka.

Ismawati. Esti. 2013. Pengajaran Sastra. Yogyakata: Penerbit Ombak.

Isnanda, Romi. 2015. Peran pengajaran sastra dan budaya dalam pembentukan karater siswa sekolah dasar. Gramatika. Vol 1, no i2, hal 174-182.

Miles, B. Mattew dan Michael A. Huberman. 2007. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjejep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI Press.

Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Mu’in, Fatchul. 2013. Ekokritisme: Kajian Ekologis dalam Sastra. Procedings of Literature and Nation Character Building, Banjarmasin: November 6-9 2013. Hal. 295-306.

Setyawan, Arief dkk. 2017. Muatan Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Di Pacitan. Jurnal Pendidikan Karakter. VII, 2, hal 199-211.

Widianti, Ande Wina. 2017. Kajian Ekologi Sastra Dalam Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2014 Di Tubuh Tarra Dalam Rahim Pohon. Diksatrasia. Vol 1, No 2, hal 1-9.




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.2.2.87-92

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226


Jurnal Pena Literasi Indexing By:

      

 

View My Stats
Powered by Puskom-UMJ