PENGEMBANGAN GAME SASTRA (GASAS) UNTUK PEMBELAJARAN KARYA SASTRA DARI BERBAGAI ANGKATAN BAGI SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.24853/pl.2.2.70-77Abstract
Media game ini sebagai media pembelajaran karya sastra dari berbagai angkatan bagi siswa SMP. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui peran media pembelajran game sastra untuk pembelajaran karya sastra dari berbagai angkatan bagi siswa SMP dan untuk menarik minat anak dalam belajar. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development dan menggunakan desain penelitian posttest-only control design. Langkah-langkah penelitian: 1) penelitian dan pengumpulan informasi 2) perencanaan 3) pengembangan bentuk awal produk 4) uji lapangan awal 5) revisi produk 6) uji lapangan utama 7) revisi produk oprasional 8) uji lapangan oprasional. Dalam penelitian ini terdapat dua tahapan, 1) metode penelitian tahap I, 2) metode penelitian tahap II. Penelitian ini dilakukan di dua sekolah yaitu, SMP Keluarga Widuri dan SMP Al-Hidayah Jakarta Selatan. Pengembangan media game ini melibatkan dua ahli media dan dua ahli materi, melibatkan dua guru bahasa Indonesia dan 26 murid di SMP Keluarga Widuri, 30 murid di SMP Al-Hidayah dalam uji coba produk. Instrumen yang digunakan dalam penelitian menggunakan posttest-only control design dengan angket dan uji validator dengan skala rating scale. Berdasarkan hasil penelitian pada validasi ahli media diperoleh skor 71%, ahli materi dengan skor 73% dan validator butir soal materi 75% dari skor maksimum 75%. Skor murid 19% dan 20% dari skor maksimal 20%. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media game sastra layak di gunakan sebagai media pembelajaran karya sastra dari bebagai angkatan bagi siswa SMP.Kata kunci : Pengembangan game sastra, karya sastra dari berbagai angkatan.References
Emzir. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitaif&Kualitatif. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Gall. M.D. Gall. J. D dan Borg W. R. 2003. Educational Research An Introduction 7th Ed. New York: Pecarson Education Inc.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta:BPFE Yogyakarta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
2020-05-15
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).