PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MATA KULIAH BAHASA INDONESIA BERBASIS ANDROID
DOI:
https://doi.org/10.24853/pl.3.1.1-9Keywords:
language, medium, android, learning, developmentAbstract
Penelitian ini di awali dari fenomena adanya smartphone Android di kalangan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember. Sebagian besar mereka hanya menggunakan kecanggihan ponsel untuk kebutuhan komunikasi, bersosial media, dan hiburan. Padahal bisa digunakan untuk media pembelajaran. dimana media pembelajaran atau perkuliahan salah satu kebutuhan yang tidak terlepaskan dari proses pembelajaran. disisi lain, media pembelajaran atau kuliah dikelas membutuhkan suatu inovasi. Kebanyakan pendidik (dosen) menggunakan buku, ppt, internet, dan media proyeksi lainnya. Adaptasi media kuliah mutlak diperlukan agar suasana di kelas tidak monoton.Perangkat lunak berupa Adobe Flash CS6 sudah semakin canggih. Perangkat ini bisa menghasilkan animasi flash yang dapat di konvert ke dalam sistem Android (hp yang banyak dimilik mahasiswa). Dengan kemampuan inilah peneliti ingin mengembangkan media pembelajaran pada mata kuliah bahasa Indonesia yang diterapkan ke dalam smartphone milik mahasiswa. Dengan keinginan ini nantinya smartphone mahasiswa bisa menjadi media pembelajaran yang inovatif khususnya untuk mata kuliah bahasa Indonesia.Dengan metode pengembangan dan uji coba kepada mahasiswa, ahli materi dan ahli media mendapatkan hasil bahwa produk yang dikembangkan peneliti layak digunakan untuk mata kuliah Bahasa Indonesia. meskipun demikian ada kelemahan produk ini. (a) aplikasi Android ini belum tersedia di Googel Playstore sehingga dosenlah yang mendistribusikan kepada mahasiwa. (b) Cara pengerjaan tugas atau latihan masih terpisah dari produk. (c) pengguna harus menggunakan aplikasi pendukung lainnya berupa Adobe Air.Kata kunci: Pengembangan, Bahasa, Media, Android, PembelajaranReferences
Arifin, Zaenal dan Amran Tasai. 1985. Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Mediyatama sarana Perkasa.
Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: Grafindo Persada.
Artati, Budi. 2009. Baku dan Tidak Baku. Klaten: Intan Pariwara.
Asnawir dan M. Basyiruddin Usma. 2002. Media Pembelajaran . Jakarta: Ciputat Pers.
Chaer, Abdul. 2011. Ragam Bahasa Ilmiah. Jakarta: Rinneka Cipta.
Dalman. 2012. Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hendryadi. Content Validasi. (2014). [Online] Tersedia: (https://www.teorionline.net/contentvalidity. [1 Juni 2017]
Hikmat, Ade dan Nani Solihati. 2013. Bahasa Indonesia. Jakarta: Kompas Gramedia.
Keraf, Gorys. 1984. Tata Bahasa Indonesia: Sekolah Menengah Tingkat Atas. Jakarta: Nusa Indah.
K, Ichwan. 2016. Membuat Media Pembelajaran dengan Adobe Flash CS 6. Yogyakarta: Andi.
Komputer, Wahana. 2009. Teknik Pembuatan Animasi Dengan Adobe Flash CS 3. Jakarta: Salemba Infotek.
Nazar, A. Noerzihri. 2006. Bahasa Indonesia dalam Karangan Ilmiah. Bandung: Humaniora.
Moeleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosyda Karya.
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1993. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.
Rahmadi. 2011. Modul Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Macromedia Flash. [Online]. Tersedia: (https://www.scribd.com/doc/74132275/Modul Pembuatan-Media-Pembelajaran-Menggunakan-Macro-Media-Flash-8. [15 April 2017].
Sadiman, A.S. 1986. Media Pendidikan: Pengeratian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Cv. Rajawali.
Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan jenis, metode, dan prosedur. Jakarta: Kencana.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:. Remaja Rosdakarya.
Sora. 2016. Pengertian Proposaul Dan Unsur-Unsurnya Serta Sistematikanya. From: http://www.pengertianku.net/2016/12/pengertian-proposal-dan-unsur-unsurnya-serta-sistematikanya.html, [Online]. Tersedia. [07, Nopember 2017].
Yunohudiyono, dkk. 2007. Bahasa Indonesia Keilmuan. Surabaya: UNESA University Press
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).