SKEMA AKTAN DAN STRUKTUR FUNGSIONAL A.J. GREIMAS DALAM CERITA ASAL MULO JAMBI TULO DAN JAMBI KECIK

Sovia Wulandari, Dimas Sanjaya, Ririn Dwi Anggraini, Khairunnisa Khairunnisa

Abstract


Penelitian ini menganalisis skema aktan dan struktur fungsional dari teori A.J. Greimas dalam cerita rakyat Asal Mulo Jambi Tulo dan Jambi Kecik. Penelitian ini mendeskripsikan skema aktan dan struktur fungsional cerita rakyat Asal Mulo Jambi Tulo dan Jambi Kecik. Pendekatan yang dilakukan adalah kualitatif. Fokus analisis adalah unsur naratologis pembangun dari cerita rakyat Asal Mulo Jambi Tulo dan Jambi Kecik. Data penelitian diambil langsung ke lapangan pada tanggal 30 November 2019, di RT 10 Kelurahan Jambi Kecik, Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muarojambi. Data dianalisis dengan metode deskriptif. Adapun langkah-langkah yang dilakukan pada penelitian 1) Penelitian ke lapangan dengan metode simak dan rekam, 2) mentranskripsikan data, 3) menerjemahkan data ke bahasa Indonesia yang baik dan benar, 4) menvalidasi data, 5) menyajikan data. Hasil penelitian menunjukkan adanya skema aktan, yaitu, subjek, objek, pengirim, penerima, pembantu, dan penentang. Ditemukan pula struktur fungsional, yaitu, situasi awal, transformasi (tahap uji kecakapan, tahap utama, dan tahap kegemilangan), dan situasi akhir.


Keywords


sastra lisan

Full Text:

PDF

References


Djirong, Salmah. 2014. Kajian Antropologi Sastra: Cerita Rakyat Datu Museng dan Maipa Diapati. Jurnal Sawerigading, Vol. 20 No.2, Agustus 2014, hlm. 215-226.

Juwati. 2018. Sastra Lisan Bumi Silampari: Teori, Metode, dan Penerapannya. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Karim, Maizar. 2015. Menyelisik Sastra Melayu. Yogyakarta: Histokultura.

Mustafa. 2017. Skema Aktan dan Fungsional Cerita Sangbidang. Jurnal Sawerigading, Vol. 23 No. 2, Desember 2017, hlm. 205-216.

Sudjiman, P, dan Aart Van Zoest, A. V. 1991. Serba-Serbi Semiotika. Jakarta: Gramedia.

Suwondo, Tirto. 2003. Studi Sastra Beberapa Alternatif. Yogyakarta: Hanindita.

Taum, Yoseph Yapi. 2011. Studi sastra lisan: Sejarah, Teori, Metode, dan Pendekatan Disertai Contoh Penerapannya. Yogyakarta: Lamalera.

Wulandari, Sovia. 2019. Panduan Penelitian Sastra Lisan, Program Studi Sastra Indonesia FIB UNJA. Bahan Ajar Perkuliahan Kajian Sastra Lisan. Jambi: Unja.

Zaimar, Okke K.S. 1991. Menelusuri Makna Ziarah Karya Iwan Simatupang. Jakarta: Intermasa.




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.3.1.50-61

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226


Jurnal Pena Literasi Indexing By:

      

 

View My Stats
Powered by Puskom-UMJ