KETERLIBATAN PENULIS MELALUI ASPEK KEBAHASAAN PADA BUKU TEKS PELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013
DOI:
https://doi.org/10.24853/pl.3.1.10-19Abstract
Buku teks pelajaran (buku TP) berpengaruh pada pengetahuan, pemahaman, dan cara pandang peserta didik. Buku teks pelajaran Sejarah menentukan pemahaman peserta didik mengenai identitas bangsa di masa lalu sehingga dapat menjadi dasar tindakannya di masa depan. Keterlibatan penulis buku TP Sejarah tercermin melalui aspek kebahasaannya. Keterlibatan itu menunjukkan sikap penulis terhadap pengetahuan yang disajikannya melalui buku tersebut. Dengan menganalisis tiga buku TP Sejarah Kelas 10, Kelas 11, dan Kelas 12 menggunakan subsistem keterlibatan (engagement), terungkap bahwa heteroglossia hadir dalam buku TP Sejarah Kelas 10, 11, dan 12, tetapi memiliki karakteristik tersendiri. Pada buku TP Sejarah Kelas 10, penulis menggunakan heteroglossia dengan mengutip informasi faktual-objektif untuk mendukung argumennya, sedangkan pada buku TP Sejarah Kelas 11 penulis menggunakan heteroglossia dengan mengutip pendapat yang bersifat subjektif untuk mendukung argumennya. Sementara itu, pada buku TP Sejarah Kelas 12 penulis menggunakan heteroglossia untuk membentuk wacana pada buku tersebut. Pronomina kita secara intensif digunakan dan tidak digunakan pronomina kami atau saya pada ketiga buku tersebut. Artinya, penulis berstrategi untuk mengurangi tanggung jawabnya terhadap teks yang ditulisnya. Temuan lain ialah bahwa tamengan (hedges) lebih jarang ditemukan dibandingkan dengan boosters dan penggunaan pronomina inklusif kita hadir dengan frekuensi tinggi pada ketiga buku tersebut. Ini berarti bahwa dalam menjelaskan sejarah, penulis cenderung mengevaluasinya dengan meningkatkan derajat kualitas (uptoning).Kata kunci: keterlibatan; sistem appraisal; analisis wacana; buku teks pelajaranReferences
Biber, D. (2006). Stance in spoken and written university registers. Journal of English for Academic Purposes, 5(2), 97–116. https://doi.org/10.1016/j.jeap.2006.05.001
Dzeverdanovic-Pejovic, M. (2015). Genre Analysis of Linguistic Abstracts in Montenegrin and English. In I. Lakic, B. Zivkovic, & M. Vukovic (Eds.), Academic Discourse Across Cultures. Newcastle: Cambridge Scholars Publishing.
Hyland, K. (2005). Stance and engagement: A model of interaction in academic discourse. Discourse Studies, 7(2), 173–192. https://doi.org/10.1177/1461445605050365
Kafes, H. (2018). Stance in Academic Writing. European Journal of Education Studies, 4(2), 1–16. https://doi.org/10.5281/zenodo.1165088
Kurniawan, E., Lubis, A. H., Suherdi, D., & Danuwijaya, A. A. (2019). Rhetorical organization of applied linguistics abstracts: Does scopus journal quartile matter? GEMA Online Journal of Language Studies, 19(4), 184–202. https://doi.org/10.17576/gema-2019-1904-10
Martin;, J. R., & White, L. R. R. (2005). The Language of Evaluation: Appraisal in English. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-5547-9
Murfi, A. (2014). Bias Gender dalam Buku Teks Pendidikan Agama Islam dan Kristen. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 267. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.32.267-288
Purwanta, H. (2013). Evaluasi Isi Buku Teks Pelajaran Sejarah Pada Masa Orde Baru. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (3), 424–440. https://doi.org/10.21831/cp.v0i3.1551
Sayah, L., & Hashemi, M. R. (2014). Exploring stance and engagement features in discourse analysis papers. Theory and Practice in Language Studies, 4(3), 593–601. https://doi.org/10.4304/tpls.4.3.593-601
Yang, W. (2016). Evaluative language and interactive discourse in journal article highlights. English for Specific Purposes, 42, 89–103. https://doi.org/10.1016/j.esp.2016.01.001
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).