ANALISIS KESESUAIAN KOSA KATA CERITA KELINCI DAN KURA-KURA MENURUT TEORI KETERBACAAN GRAFIK FRY
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: yang pertama, pembaca tahu tingkat keterbacaan dari cerita “Kelinci dan Kura-Kura”. Kedua, para orang dewasa, orang tua, atau guru dapat memberikan bahan bacaan anak sesuai dengan tingkatkannya masing-masing. Ketiga, agar para pembaca juga dapat mencoba perhitungan tingkat keterbacaan Grafik Fry. Penelitian ini dilatar belakangi masih adanya cerita-cerita anak yang tingkat keterbacaannya terlalu tinggi untuk anak-anak pahami. Fokus dari penelitian ini adalah jumlah kosa kata dan kalimat dalam penyusunan sebuah wacana. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Objek dari penenlitian ini adalah cerita anak fable yang cukup populer yaitu “Kelinci dan Kura-Kura”. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teori formula Grafik Fry untuk perhitungan tingkat keterbacaan wacana pada cerita “Kelinci dan Kura-Kura”. Hasil dari perhitungan Grafik Fry menujukan bahwa keterbacaan cerita “Kelinci dan Kura-Kura” berada di titik 5. Yang berarti bahwa cerita anak fable “Kelinci dan Kura-Kura” adalah bacaan yang sesuai untuk pelajar kelas 4, 5, dan 6 sekolah dasar.
Kata kunci: Keterbacaan, Wacana, Grafik Fry.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Artika, Ega Devi. 2019. Tingkat
Keterbacaan pada Buku Tematik Kurikulum 2014 Kelas IV SD Berdasarkan Grafik Fry. Universitas Jember. Tersedia di http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91697 pada tanggal 22 Maret 2020 pukul 11.34
Cerita Kelinci dan Kura-Kura Pdf.
Tersedia di http://www.indonesia-osaka.org/wp-content/uploads/2016/05/4.-KELINCI-DAN-KURA-KURA.pdf pada tanggal 22 Maret 2020 pukul 11.16
Chall, J.S. & Dale, E. 1995.
Readability revisited: the new Dale-Chall readability formula. Cambridge, Massachusetts: Brookline Books.
Hidayat, A. (2014). Analisis Keterbacaan Buku Dwi Bahasa Seri Mengenal Hewan: Cerita Laba-Laba. Jurnal WANASTRA, Vol. 6 No.2. 2014
Indonesia, Guru. Cara Mengukur
Keterbacaan dengan GRAFIK FRY.https://1.bp.blogspot.com/-iAx6VRmDDaA/Vy_NiroctyI/AAAAAAAADos/Ajn49AV2soEewlCchkvw9gXOO4iBWpnjgCLcB/s1600/FRY.jpg. Diakses 28 Mei 2020 pukul 08.50.
Kaldun, Muhammad.
Haerun Ana. Aris Badara.
Keterbacaan Wacana Nonfiksi Pada Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum 2013 Edisi Revisi
Klare, G.R. 1984. Readability in the
classroom. Cambridge: Cambrigdge University. New York: Longman Inc.
Lisnawati, Yeni.2007. Tingkat
Keterbacaan Wacana Nonfiksi Pada Buku Teks Bahasa Indonesia Pegangan Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Raha Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2014 dengan Menggunakan Teknik Isian Rumpang. Jurnal Bastra Vol. 1 No. 4 Maret 2017.
Nurdianah, Lutfiyan. 2019. Analisis
Keterbacaan Buku Cerita Rakyat Elektronik untuk Literasi Sekolah Dasar. Jurnal Seminar Pendidikan Dasar. Vol. 1 No. 1 2019.
Nuryani. 2016. Tingkat Keterbacaan
Soal Wacana Ujian Nasional Tingkat SMA Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Keilmuan Bahasa Sastra dan Pengajarannya. Vol. 3 No. 1 2016
Ngurah, Ketut Yasa. 2013.
Kecermatan Formula Keterbacaan Sebagai Penentu Keefektifan Teks. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.46 No. 3 2013
Pranowo, Dwiyanto D. Alat Ukur Keterbacaan Teks Berbahasa Indonesia. Diakses 24 Maret, 2020, dari https://staff.uny.ac.id/sites/default/files/131764502/Artikel%20TESIS%20S2%20JOKO.pdf
Rekyan, Elisabeth Dinda. 2019.
Tingkat Keterbacaan Buku Teks Bahasa Indonesia Terbitan Wisma Bahasa untuk Level 3B Berdasarkan Grafik Fry, Smog, dan Autentisitasnya. Sekripsi. Universitas Sanata Dharma. Jurnal Pendidikan Bahasa No.2 Vol.8, Agustus 2019.
Saroni, Nuyan. Widodo Hs dan Alif
Mudiono. 2016. Analisis Keterbacaan Teks Pada Buku Tematik Terpadu Kelas V SD Berdasarkan Grafik Fry. Disajikan dalam seminar ‘Kostelasi Pendidikan dan Kebudayaan di Indonesia Era Globalosasi’ tanggal 25 2016
Siyoto, Sandu dan M. Ali Sodik,
Dasar Media Penelitian, Yogyakarta: Literasi Media Publishing
Widaryanto, B. Rishe Purnama Dewi. Septina Krismawati.
Keterbacaan Wacana Buku Teks Ekspresi Diri dan Akademuk untuk SMK dengan Grafik Fry, Tes Klos, dan Smog: Studi Kasus di SMK N 1 Cilacap dan SMK N 4 Yogyakarta. Jurnal Widyadharma, Vol.2 No.28 2016
Zaky.Pengertian Ilmu Pengetahuan
Menurut Para Ahli dan Secara Umum. https://www.zonareferensi.com/pengertian-ilmu/. Diakses 28 Mei 2020 Pukul 09.20.
DOI: https://doi.org/10.24853/pl.3.2.124-132
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, e-ISSN: 2614-8226