ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.24853/pl.3.2.114-123Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kebijakan pendidikan karakter melalui mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan wawancara dengan analisis data menggunakan metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini merupakan bagaimana penerapan pendidikan karakter pada pendidikan formal di sekolah, program dan implementasi pendidikan karakter, implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran bahasa Indonesia, implementasi pendidikan karakter dari tenaga pendidik, dan implementasi pendidikan karakter dari peserta didik. Kata kunci: Pendidikan karakter, kebijakan, bahasa IndonesiaReferences
Bourdieu, P. (1991). Language and Symbolic Power. Cambridge Massachusetts: Harvard University Press.
Creswell, J. W. (2013). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Kerangka Acuan Pendidikan Karakter tahun 2010. Jakarta.
Megawangi. (2004). Pendidikan Karakter. Jakarta: Yayasan Obor.
Johnson, B., & Christensen, L.B. (2008). Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches (3 ed.). Boston: Sage Publications.
Kusuma, D. A. (2010). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Pemerintah Republik Indonesia. (2010). Buku Induk Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa 2010-2025. Jakarta.
Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti (PBP). 2015. Jakarta: Depdiknas.
Pranowo. (2009). Berbahasa secara Santun. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Depdiknas.
Williams, H. R. S. (2010). Widening the Lens to Teach Character Education Alongside Standards Curriculum. The Clearing House, 83(4), 115–120.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).