ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.24853/pl.3.2.114-123

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kebijakan pendidikan karakter melalui mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan wawancara dengan analisis data menggunakan metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini merupakan bagaimana penerapan pendidikan karakter pada pendidikan formal di sekolah, program dan implementasi pendidikan karakter, implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran bahasa Indonesia, implementasi pendidikan karakter dari tenaga pendidik, dan implementasi pendidikan karakter dari peserta didik. Kata kunci: Pendidikan karakter, kebijakan, bahasa Indonesia

References

Bourdieu, P. (1991). Language and Symbolic Power. Cambridge Massachusetts: Harvard University Press.

Creswell, J. W. (2013). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Kerangka Acuan Pendidikan Karakter tahun 2010. Jakarta.

Megawangi. (2004). Pendidikan Karakter. Jakarta: Yayasan Obor.

Johnson, B., & Christensen, L.B. (2008). Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches (3 ed.). Boston: Sage Publications.

Kusuma, D. A. (2010). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Pemerintah Republik Indonesia. (2010). Buku Induk Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa 2010-2025. Jakarta.

Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti (PBP). 2015. Jakarta: Depdiknas.

Pranowo. (2009). Berbahasa secara Santun. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Depdiknas.

Williams, H. R. S. (2010). Widening the Lens to Teach Character Education Alongside Standards Curriculum. The Clearing House, 83(4), 115–120.

Downloads

Published

2020-10-29