ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Prameswari Dyah Gayatri Budi Anggraeni Ilyas

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kebijakan pendidikan karakter melalui mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan wawancara dengan analisis data menggunakan metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini merupakan bagaimana penerapan pendidikan karakter pada pendidikan formal di sekolah, program dan implementasi pendidikan karakter, implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran bahasa Indonesia, implementasi pendidikan karakter dari tenaga pendidik, dan implementasi pendidikan karakter dari peserta didik.

Kata kunci: Pendidikan karakter, kebijakan, bahasa Indonesia


Full Text:

PDF

References


Bourdieu, P. (1991). Language and Symbolic Power. Cambridge Massachusetts: Harvard University Press.

Creswell, J. W. (2013). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Kerangka Acuan Pendidikan Karakter tahun 2010. Jakarta.

Megawangi. (2004). Pendidikan Karakter. Jakarta: Yayasan Obor.

Johnson, B., & Christensen, L.B. (2008). Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches (3 ed.). Boston: Sage Publications.

Kusuma, D. A. (2010). Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Pemerintah Republik Indonesia. (2010). Buku Induk Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa 2010-2025. Jakarta.

Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti (PBP). 2015. Jakarta: Depdiknas.

Pranowo. (2009). Berbahasa secara Santun. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Depdiknas.

Williams, H. R. S. (2010). Widening the Lens to Teach Character Education Alongside Standards Curriculum. The Clearing House, 83(4), 115–120.




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.3.2.114-123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226


Jurnal Pena Literasi Indexing By:

      

 

View My Stats
Powered by Puskom-UMJ