PENDIDIKAN KARAKTER UNGGUL MELALUI KUMPULAN PUISI NADYA KISAH DARI NEGERI YANG MENGGIGIL KARYA ABDURAHMAN FAIZ
DOI:
https://doi.org/10.24853/pl.4.1.57-67Abstract
Era digital banyak berpengaruh negatif terhadap karakter anak. Di era tersebut, anak cenderung tidak peduli, kurang bertanggung jawab, dan tidak jujur. Rasa cinta terhadap tanah air pun mulai memudar pada diri anak-anak selaku penerus bangsa. Untuk itu, diperlukan sebuah penelitian. Karya Abdurahman Faiz dapat digunakan sebagai karya yang dapat membantu dan memotivasi siswa untuk berkarakter lebih baik. Kumpulan puisi karya Abdurahman Faiz yang berjudul Nadya Kisah dari Negeri yang MenggigiL dipilih dalam penelitian ini. Metode yang digunakan, yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini, yaitu kumpulan puisi Nadya Kisah dari Negeri yang Menggigil karya Abdurahman Faiz dapat digunakan sebagai materi ajar karena memiliki nilai pendidikan karakter seperti yang dikehendaki kurikulum 2013. Puisi-puisinya dapat dipakai sebagai materi ajar untuk pembentukan karakter unggul bagi siswa SD.Downloads
Published
2021-04-30
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).