KEMAMPUAN MENULIS MAKALAH ILMIAH MAHASISWA PRODI INFORMATIKA UNIVERSITAS BHAYANGKARA JAKARTA RAYA
DOI:
https://doi.org/10.24853/pl.4.1.12-19Keywords:
kemampuan, menulis, makalah ilmiahAbstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kemampuan mahasiswa Prodi Informatika Universitas Bhayangkara Jakarta Raya dalam menulis makalah ilmiah; (2) untuk mengetahui kendala yang dialami mahasiswa Prodi Informatika Universitas Bhayangkara Jakarta Raya dalam penulisan makalah ilmiah. Penelitian ini dilakukan kepada mahasiswa Prodi Informatika Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Bhayangkara yang dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021.Sampelnya sebanyak 35 mahasiswa yang dipilih secara acak (random sampling). Data berupa makalah ilmiah dikumpulkan pada akhir perkuliahan Bahasa Indonesia dan dianalisis menggunakan instrumen penelitian berupa tabel analisis. Hasil dari penelitian ini diperoleh 9 mahasiswa atau 25,72% mendapatkan nilai baik, 18 mahasiswa atau 51,42% mendapatkan nilai cukup, 7 mahasiswa atau 20% mendapatkan nilai kurang, dan 1 mahasiswa atau 2,86% mendapatkan nilai sangat kurang. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis makalah ilmiah mahasiswa berada pada tataran cukup.References
Geiser, S., & Studley, with R. 2002. UC and the SAT: Predictive validity and differential impact of the SAT I and SAT II at the University of California. Educational Assessment. Vol 8 No.1.
Jacobs, H. L., S. A. Zinkgraf, D.R. Wormouth, V. F. Hartfield, dan J. B. Hughey. 1981. English Composition Program Testing ESL Compsition: a Practical Approach. London: Newbury House Publisher Inc.
Mulsajon, Zainal Rafli, dan Siti Gommo Attas. 2019. “Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Model Pembelajaran Workshop dan Kolaborasi (Penelitian Tindakan di Program Studi PBSI STKIP Muhammadiyah Bogor)” dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Nasucha, Y., Rohmadi, M., dan Budi Wahyudi, A. 2010. Bahasa Indonesia untuk Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Media Perkasa.
Nirwana dan Abdul Rahim Ruspa. 2020. Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Prodi Informatika Universitas Cokroaminoto Palopo.. Jurnal Anoma Pendidikan Bahasa dan Sastra. Vol 6 No.1.
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.
Persadha, Dhimas Asih Kusuma. 2016. Studi Kompetensi Kemampuan Menulis di Kalangan Mahasiswa. Jurnal MUADDIB. Vol 06 No 01 Januari 2016.
Prastowo, Andi. 2012. Metode Penelitian Penelitian Kualitatif Dalam Persektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta : Ar-ruzzmedia.
Suparno dan Muhammad Yunus. 2003. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Unversitas Terbuka.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suriasumantri, Jujun S. 1995. Pedoman Penulisan llmiah. Jakarta: Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta.
Tarigan, H. G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Disahkan oleh Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia, 2012).
Wijayanti, dkk. 2013. Bahasa Indonesia: Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah. Depok: RajaGrafindo Persada.
Yanti Nafri, Suhartono, dan Fina Hiasa. Ketermpilan Menulis Akademik Mahasiswa S-1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Silampari Bisa Vol. 1 No. 1, Juni 2018.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).