PENGARUH METODE INKUIRI BERBANTUAN MEDIA PREZI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X

Sindi Maya Safitri, Aida Sumardi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran inkuiri berbantuan media prezi terhadap kemampuan menulis teks biografi. Penelitian ini dilaksanakan pada masa covid-19 (coronavirus disease), penerapan pembelajaranya mewajibkan untuk jarak jauh pada siswa kelas X SMK Waskito, sampel pada penelitian yaitu kelas X Multimedia 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Multimedia 2 sebagai kelas kontrol. Metode pembelajaran yang digunakn dalam penelitian ini yaitu metode inkuiri berbantuan media prezi. Metode ini menerapkan pada proses berfikir kritis, analitis, dan imajinatif. Hipotesis penelitian ini terdapat pengaruh kemampuan menulis teks biografi antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode inkuiri berbantun prezi dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan metode inkuiri berbantun media prezi. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, penelitian ini menerapkan metode eksperimen dengan menggunakan true eksperiment yaitu sampel yang digunakan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diambil secara acak. Teknik yang digunakan yakni posttes only control design. Data penelitian diperoleh dari hasil tugas siswa. Hasil penelitian ini menujukan bahwa metode pembelajaran inkuiri berbentuan media prezi dapat berpengaruh pada kemampuan menulis biografi siswa kelas X SMK Waskito. Hal ini dibuktikan hasil nilai kelas eksperimen mean yang dihasilkan yaitu 83,04545, median 82 dan modus 80. Sedangkan hasil kelas kontrol mean yang dihasilkan yaitu 64,72, medianya 65 dan modus 65.


Full Text:

PDF

References


Danim, Sudarwan. 2010. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kadir. 2015. Statistika Terapan. Jakarta: Rajawali Pers.

Khotimah, Laela Ngasarotur Risfiqi. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas Vlll SMP Negri 4 Metro, P-ISSN: 2337-5973 e-ISSN: 2442-4838.JPF. Vol. III. No. 1. Maret 2015. (htpp://ojs.fkip.ummetro.ac.id, diakses pada 07 Januari 2020).

Melinda, Dini Masril. 2014. Pengaruh Media Prezi The Zooming Persentations Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA N 12 Padang. Dalam Jurnal Pillar Of Physical Education, Padang: Universitas Negri Padang. (http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pfis/article/view/1898,diakses pada 07 Januari 2020).

Nurgiyantoro, Burhanudin. 2016. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Bpff

Prihantini. 2015. Master Bahasa Indonesia. Yogyakarta: B Fist

Rusyfan, Zurrahma. 2016. Prezi & Ilusi Persentasi Masa Kini. Bandung: Informatika Bandung.

Sanjaya, Wina. 2018. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Pernada Media Group.

Saputra, I Putu. 2011. Prezi The Zooming Persentation. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumardi, Aida. 2019. Pengaruh Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas VII-1 SMP Dharma Karya UT. e-ISSN: 2614-8226. Vol. 2. No. 1. (http://jurnal.umj.ac.id, diakses pada 18 Januari 2020).




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.4.1.45-56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226


Jurnal Pena Literasi Indexing By:

      

 

View My Stats
Powered by Puskom-UMJ