NILAI PENDIDIKAN RELIGIUS DALAM NOVEL HAFIZHAH KARYA KHOIRUNNISA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Pingkan Cahyani, Mulyono Tri, Afsun Aulia Nirmala

Abstract


Hadirnya sebuah karya sastra memberikan banyak manfaat yang diperoleh para pembaca, melalui sebuah karya sastra penulis akan menyalurkan beberapa gagasan dan ide disertai dengan sebuah maksud yang ingin disampaikan. Karya sastra novel merupakan sebuah karya sastra yang memiliki nilai-nilai yang dapat diteladani oleh pembaca, nilai pendidikan religius adalah nilai yang akan membuat para pembaca mendekatkan diri dengan Tuhan dan akan menjadi pribadi yang lebih baik. Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan nilai pendidikan religius yang terdapat dalam novel Hafizhah karya Khoirunnisa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dari penelitian ini berupa kutipan yang terdapat dalam novel Hafizhah karya Khoirunnisa yang mengandung nilai pendidikan religius di dalamnya. Berdasarkan hasil analisis data terdapat nilai pendidikan religius dapat diambil kesimpulan yaitu sebagai berikut. Pertama, hubungan manusia dengan Tuhan yaitu salat, bersyukur, bertakwa, berserah diri, dan berdoa. Kedua, hubungan manusia dengan manusia yaitu menolong, menyayangi, dan memaafkan. Ketiga, Hubungan manusia dengan alam


Keywords


nilai pendidikan religius, novel, implikasi

Full Text:

PDF

References


Atmosuwito, Subijantoro. 2010. Perihal Sastra dan Religiusitas. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Khoirunnisa. 2020. Hafizhah. Jakarta Selatan : Penerbit Toro.

Mangunwijaya. 1998. Sastra dan religiositas. Yogyakarta : Penerbit Kanisius.

Nurgiyantoro, Burhan. 2019. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Riyanti, Evi. 2019. Analisis Nilai-Nilai Religi dalam Syair Lagu Wali Band pada Album Ingat Sholawat dan Album Cari Berkah. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang. http://eprints.umm.ac.id/45826/3/BAB%20II.pdf. Diunduh pada 1 Januari 2021.

Sari, Nazella Putri. dkk. 2018. Nilai Religius dalam Novel Assalamualaikum Beijing Karya Asma Nadia dan Implikasinya. Dalam Jurnal Kata. Online. Vol.6, No.1. 1-9 halaman. https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/view/14888. Diunduh 27 Desember 2020.

Saryono, Djoko. 2006. Apresiasi Sastra Indonesia. Sidoarjo: PT. Alfath Putra.

Yono, Robert Rizki. dkk. 2020. Nilai Religius dalam Novel Jatuhnya Sang Imam Karya Nawal El Saadawi. Dalam Jurnal Semantika. Online. Vol.1, No.2, 12-18 halaman. http://jurnal.umus.ac.id/index.php/semantika/article/view/166/102. Diunduh 13 Desember 2020.




DOI: https://doi.org/10.24853/pl.4.2.108-116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

 

Copyright © 2019, PENA LITERASI : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  e-ISSN: 2614-8226


Jurnal Pena Literasi Indexing By:

      

 

View My Stats
Powered by Puskom-UMJ