IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT) DI MASA PANDEMI
Abstract
Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada seluruh aspek. Tingkat penyebaran dan tingginya angka kasus positif memaksa seluruh manusia untuk beradaptasi dan mengalami perubahan situasi kondisi demi mencegah terjadinya penyebaran virus covid-19. Dimulai dari diadakannya pembelajaran jarak jauh yang pada akhirnya menimbulkan beberapa dampak negatif. Sehingga pemerintah mempertimbangkan untuk melaksanakan kebijakan baru yaitu pembelajaran tatap muka terbatas. Pembelajaran tatap muka merupakan sebuah alternatif yang diberikan oleh pemerintah untuk mencegahnya turunan capai belajar (learning loss) yang diakibatkan adanya pembelajaran jarak jauh karena adanya pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran tatap muka di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan mencari beberapa referensi melalui jurnal, buku dan web mengenai informasi terkait implementasi pembelajaran tatap muka ini. Penelitian ini menggunakan teori Edward III yang memiliki beberapa indikator diantaranya, Komunikasi, Sumber Daya, Disposisi, dan Struktur Birokrasi. Hasil penelitian pun menunjukkan bahwa dalam implementasi kebijakan pertemuan tatap muka ini sudah berjalan dengan baik. Dilihat dari indikator komunikasi pun dalam sosialisasi sudah berjalan dengan baik. Dilihat dari aspek sumber daya pun sudah dapat berjalan dengan maksimal, karena dimulai dari tenaga pendidik pun sudah banyak yang melakukan vaksinasi. Dalam aspek disposisi pun sudah adanya dukungan yang optimal dimulai dari pembuat kebijakan, dinas kependidikan, satuan pendidikan, para tenaga pendidik serta para orang tua yang juga berperan andil dalam mendukung berjalannya kebijakan pertemuan tatap muka. Terakhir dalam struktur birokrasi pun dalam sistem birokrasinya sudah sangat mendukung dalam kebijakan pertemuan tatap muka ini supaya terciptanya peserta didik yang cerdas dan tidak ada lagi yang mengalami hilangnya capaian belajar (learning loss).
Kata kunci: implementasi; PTM; kebijakan publik; pendidikan; covid-19
Full Text:
PDFReferences
Adriani L. 2022. Implementasi Kebijakan Penggunaan SIstem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah Di Kota Dumai (Studi Kasus Pada Aplikasi E-Planing). Jurnal Niara Vol. 14 No. 3. Januari 2022.
Dwi C. B, Amelia A dkk. 2021. Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar E-ISSN: 2721-7957.
Handyanto S. dan Hidayat A. 2021. Problematika Kebijakan Pembelajaran Bauran Di Masa Pandemi Covid-19 dalam Memenuhi Hak Atas Pendidikan. Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, 7 (1) 2021 ISSN Online 2614-3569.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2022. “Kebijakan PTM Terbatas Menyambut Tahun Ajaran Baru 2021/2022.” : 1-45.
Kemendikbud. 2021. Pedoman Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Sekolah Dasar. ditpsd.kemdikbud.go.id. Diakses pada tanggal 15 Januari 2022.
Kemdikbud. 2021. Buku Saku Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Kemdikbud.go.id. Diakses pada tanggal 15 Januari 2022.
Kemdikbud. 2021. Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Tahun Akademik 2021/2022. dikti.kemdikbud.go.id. Diakses pada tanggal 4 Januari 2021.
Kurniasari A., dkk. 2020. Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. E-ISSN: 2460-8475.
Mustafa S. , Mustikaningsih H. , Imayanti R. 2021. Pembelajaran Tatap Muka Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA. Kemendikbud: 1-35.
Mursalim, dan Siti W. 2017. Implementasi Kebijakan Smart City di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Administrasi Volume 14 Nomor 1 2017.
Nugroho M. Marshal dkk. 2020. Analisis Kesiapan Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka Di Indonesia Pada Tahun 2021. Jurnal Publicuho Volume 3 Nomor 3 November-Januari 2020.
Nissa S. F. dan Haryanto A. 2020. Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ika (Ikatan Alumni PGSD UNARS) Vol.8 No. 2 Desember 2020.
DOI: https://doi.org/10.24853/penta.1.1.81-92
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal Visitors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.