PENERAPAN SISTEM APLIKASI TANGSEL PAY DALAM MENINGKATKAN LAYANAN KEUANGAN DIGITAL DI KOTA TANGERANG SELATAN
Abstract
Artikel ini membahas tentang penerapan sistem aplikasi TangselPay dalam meningkatkan layanan keuangan digital di Kota Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan teori DeLone dan McLean. Hasil penelitian pada indikator kenyamanan akses bahwa fitur pada aplikasi TangselPay dianggap sudah nyaman, namun masih terdapat kesulitan ketika login yang membutuhkan waktu lama. Mengenai keluwesan/fleksibilitas, aplikasi TangselPay masih kurang fleksibel karena ketika terdapat penambahan fitur atau Channel aplikasi TangselPay mengalami maintenance. Mengenai realisasi dari ekspektasi-ekspektasi pemakai, bahwa aplikasi TangselPay sudah memenuhi ekspektasi pengguna dalam memperoleh informasi. Mengenai kegunaan fungsi-fungsi spesifik, bahwa keberagaman fitur spesifik memberikan pelayanan yang baik untuk melakukan pembayaran dan fitur-fitur tersebut mudah digunakan. Mengenai keandalan sistem bahwa aplikasi TangselPay merupakan layanan bertransaksi secara digital pertama yang dibuat oleh Pemerintah Daerah Kota Tangerang Selatan untuk mempermudah pembayaran dan aplikasi TangselPay dapat menyelesaikan masalah terkait pembayaran. Mengenai kecepatan akses, bahwa kecepatan akses aplikasi TangselPay sudah cukup cepat dan optimal.
Kata Kunci : Sistem Informasi, Aplikasi Tangsel Pay, DigitalFull Text:
PDFReferences
Diat Prasojo, L. (2013). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Yogyakarta : UNY Press.
Firkawati, F. , M. Mappamiring, M., & Nasrulhaq, N. (2022). Penerapan E-Government di Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP),3(2), 699–711.
Gaol, L, Jimmy (2008). Sistem Informasi Manajemen pemahaman dan Aplikasi. Jakarta:PT Grasindo.
lham, W. M., Subowo, A., & Afrizal, T. (2022). Implementasi Program TangselPay di Kota Tangerang Selatan dalam Rangka Mencapai Smart City. Journal of Public Policy and Management Review, 12(1), 140-162.
Irawan, A. (2018). Sistem Pelayanan Publik Berbasis E-Government Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Merauke. Jurnal Ilmu
Administrasi Dan Sosial, 7(1), 20– 37.
Jogiyanto. (2007). Model Kesuksesan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.
O’Brien dan Markas. (2010). Management System Information. Mc Graw Hill, New York.
Maulidah, H., Krisdiyawati, K., & Utami, E. U. S. (2022). Peran Financial Technology Berbasis Digital Payment System E-Wallet dalam Meningkatkan Literasi Keuangan. Jurnal Riset dan Jurnal Akuntansi, 6(4).
Nur, B. S., & Hendratmi, A. (2020). Pengembangan Layanan Keuangan Digital Pada Lembaga Keuangan Non Bank (Studi Kasus Koperasi Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan). Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 7(3), 532.
Stephens, Matthew P. (2004). Productivity and Reliability Based Maintenance Management. Pearson Education Inc: New Jersey
DOI: https://doi.org/10.24853/penta.1.2.189-200
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal Visitors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.