ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN BANJIR DI KALIMANTAN SELATAN PADA DETIK.COM DAN TEMPO.CO

Neng Tika Harnia, Rizki Teja Pratama, Hendra Setiawan

Abstract


Penelitian yang berjudul “Analisis Framing pada Pemberitaan Banjir di Kalimantan Selatan pada Detik.com dan Tempo.co” bertujuan untuk melihat bagaimana suatu media dalam bercerita dan memaparkan mengenai suatu data berdasarkan sebuah fakta yang sesuai dengan sudut pandang dan kebijakan dalam media tersebut dalam melakukan sebuah framing terhadap pemberitaanya. Salah satunya yaitu media online Detik.com dan Tempo.co. Kedua media tersebut sama-sama memaparkan mengenai bencana banjir yang menimpa Kalimantan Selatan. Namun, kedua media tersebut memaparkan pemberitaan dengan sisi yang berbeda. Media Detik.com melihat penyebab banjir didasari atas curah hujan yang cukup tinggi ditambah drainase yang buruk sehingga sauran air tidak dapat membendung volume air yang cukup besar. Lain halnya dengan media Tempo.co, yang memandang pemberitaan bencana banjir berdampak pada adanya tambang dan lahan sawit yang tidak dikelola dengan baik.  Analisis framing pada pemberitaan tersebut ditinjau melalui struktur sintaksis, tematik, skrip serta retoris. Dalam penelitian ini menggunakan teori Zhong Dang Pan serta M. Kosicki. Metode penelitiannya merupakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa dalam setiap media mempunyai cara pandang dan cara mengemas yang berbeda sesuai dengan apa yang ingin ditonjolkan dalam media tersebut berdasarkan atas data dan fakta yang didapatkan.

Keywords


Analysis of Framing Pan and Kosicki; Online Mass Media; Media Information Sources

Full Text:

PDF

References


Achmad; Z. A. (2019). Integrasi Program Dakwah dan Budaya: Studi Etnografi Virtual Mediamorfosis Radio Nada FM Sumenep Madura. Jurnal Komunikasi Islam; 9(02); 238–263.

Ah. Januar As’ar. (2016). Analisis Framing Pemberitaan Pilkada Kaltim di Surat Kabar Kaltim Post dan Tribun Kaltim Edisi 11 Mei 2013. Jurnal Ilmu Komunikasi; 3(4); 200–214.

Armaiga Chandra. (2017). Konstruksi Berita Olahraga pada Media Massa Internet (Analisis Framing Berita Konflik Marquez dan Rossi Pada Sindonews.Com. Jurnal Online Mahasiswa; 4(2); 1–15.

Ayu Nur Irwinesia Putri. (2012). Analisis Framingberita Demonstrasi Mahasiswa Semarang Terkait Kenaikan Harga Bbm Pada Tv Borobudur. Jurnal The Messenger; 4(2); 19–26.

D Nilamsari; IA Ratnamulyani; M. L. (2016). Analisis Framing Pemberitaan Kota Bogor di Media Online Www.Heibogor.Com dan Www.Bogorplus.Com. Jurnal Komunikato; 2(2); 107–113.

Eriyanto. (2012). Analisis Wacana (Pengantar Analisis Teks Media). Yogyakarta: Lkis Group.

Eriyanto. (2018). Analisis Framing Konstruksi; Ideologi; dan Politik Media. Yogyakarta: Lkis Group.

Fikri Ali Kurnia; Shulfi Ana Helmi; S. D. R. (2021). Konstruksi Media Online Detik.com dan Kompas.com terhadap Vanuatu (Analisis Framing Pemberitaan Vanuatu Pasca Pengangkatan Isu Pelanggaran HAM Papua dalam Sidang Umum PBB ke-75). Jurnal Komunikasi Makna; 9(1); 29–38.

Hasrat Efendi Samosir;Anang Anas Azhar; F. A. (2018). Analisis Framing Berita Vonis Kasus Penistaan Agama di Media Online Republika.Co.Id dan Detik.Com. Jurnal AL -Balgh; 2(2); 213–248.

Hikmat; D. H. M. M. (2018). JURNALISTIK Literary Journalism. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kurniawan; D.; & Muktiyo; W. (2019). Framing Berita Presiden Donald Trump Oleh Media Asing dan Media Nasional. Jurnal Intelektiva; 1(3); 17–23.

Mochamad Syaefudin; A. H. (2020). Pemberitaan Virus Corona di Tv One dan Kompas Tv (Analisis Framing Zhongdang Pan Dan Gerald M.Kosicki). Jurnal Orasi; 11(1); 87–104.

Romli; M. (2014). Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendikia.

Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif; Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Suprobo; T.; Siahainenia; R.; & Sari; D. K. (2016). Analisis Framing Media Online Dalam Pemberitaan Profil dan Kebijakan Menteri Susi Pudjiastuti (Studi Pada Situs Berita Detik.com; Kompas.com dan Antaranews.com periode Oktober - Desember 2014). Jurnal Cakrawala; 5(1); 119–138.

Umi Nurul Fadilah; Ahmad Murtafi Haris; Z. A. A. (2020). Framing Media Online Cnnindonesia.Com dan Detik.Com Mengenai Kebijakan Transisi Di Dki JakartA. Jurnal Ilmu Komunikasi; (3)2; 1-17.

Widarmanto; T. (2017). Pengantar Jurnalistik Panduan Awal Penulis dan Jurnalis. Yogyakarta: Araska.




DOI: https://doi.org/10.24853/pk.5.1.1-9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ