KOMUNIKASI PEMASARAN SECARA PERSUASIF MELALUI INFOGRAFIS PADA INSTAGRAM ETHIS.CO.ID

Kiki Pradatha, Nani Nurani Muksin

Abstract


Perkembangan teknologi internet berdampak positif terhadap fintech di Indonesia. Ethis sebagai perusahaan Fintech Peer-to-Peer landing berbasis syariah yang melakukan pembiayaan property memiliki tugas yang berat dalam menarik investor khususnya kaum milenial untuk berinvestasi karena kurangnya edukasi mengenai investasi melalui fintech dengan menggunakan teknologi internet.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi pemasaran secara persuasif              menggunakan infografis terhadap investasi yang ditawarkan bagi pengunjung Instagram ethis.co.id, dengan metode penelitian kualitatif, dan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan penelusuran dokumen. Konsep yang digunakan adalah Komunikasi pemasaran untuk mencapai tiga perubahan, perubahan pengetahuan, sikap, dan perilaku secara persuasif dengan tujuan untuk mengajak atau merayu audience agar mengubah pendirian, pikiran dan keyakinan sesuai keinginan pembawa pesan. Hasil penelitian menunjukkan komunikasi pemasaran secara persuasif menggunakan infografis di Instagram yang dilakukan oleh ethis.co.id melalui proses yang disampaikan secara berulang mengenai materi edukasi, penghargaan yang diterima, target audience yang spesifik dan laporan project yang telah selesai dilakukan


Keywords


Infografis; Instagram; Komunikasi Pemasaran; Persuasif

Full Text:

PDF

References


Jurnal:

Amalina; H.; N.; Ramdani; M.; G.; Ashiddiq; M.; R.; Sulistiyani; I.; & Lokania; L. (2019). Penyelesaian Sengketa Dalam Peer To Peer Lending (Pinjam-Meminjam Online). Sengketa Peer to Peer Lending (Lina; Gholib; Rasyid; Indra; Lokania) 148

Amanah; D.; Harahap; D.; A. (2018). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Perusahaan Terhadap Kesadaran Merek Pelanggan. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan Tahun 11. No. 3

Dewanthara; N.; M.; I.; P.; Resen; M.; G.; S.; K. (2020). Perlindungan Hukum Terhadap Pihak Pemberi Pinjaman Akibat Terjadinya Gagal Bayar Peer to Peer Lending. Acta Comitas : Jurnal Hukum Kenotariatan; Vol. 5 No. 3 h. 479-491

Guzman; K.; C.; Oktarina; N. (2018). Strategi Komunikasi Eksternal Untuk Menunjang Citra Lembaga. Economic Education Analysis Journal. p-ISSN 2252-6544; e-ISSN 2502-356X.

Hartanto; G.; Budiharto; B.; & Lestari; S.; N. (2019). Perlindungan Hukum Pemberi Pinjaman Dalam Perjanjian Kredit Dengan Sistem P2p (Peer To Peer Lending). Diponegoro Law Journal volume 8; Nomor 2.

Junawan; H.; Laugu; N. (2020). Eksistensi Media Sosial; Youtube; Instagram dan Whatsapp Ditengah Pandemi Covid-19 Dikalangan Masyarakat Virtual Indonesia. Baitul Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi; Vol. 4 No. 1. ISSN 2580-9903.

Nugroho; W. (2019). Pengaruh Layanan Mediasi Terhadap Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas Ix Smp Negeri 2 Gondangrejo Tahun Pelajaran 2015-2016. Jurnal Medi Kons Vol.5. ISSN : 2528-424 X.

Pratiwi; N.; I. (2017). Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial Volume 1; Nomor 2. ISSN: 2581-2424

Putri; C.; R. (2018). Tanggung Gugat Penyelenggara Peer To Peer Lending Jika Penerima Pinjaman Melakukan Wanprestasi. Jurist-Diction: Vol. 1 No. 2

Rahman; D.; Yasya; W. (2020). Komunikasi Persuasif Dalam Penghimpunan Dana Zakat Di Lembaga Amil Zakat Darussalam Kota Wisata Cibubur. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis. Vol. 4 No. 1 Juni 2020 pp. 1-10. P-ISSN 2549-0613; E ISSN 2615-7179

Resnatika; A.; Sukaesih; Kurniasih; N. (2018). Peran infografis sebagai media promosi dalam pemanfaatan perpustakaan. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan Vol. 6; No. 2 p: 183-196. ISSN 2303-2677 (Print) ISSN 2540-9239 (Online)

Setiawan; R.; Audie; N. (2020). Media Sosial Instagram Sebagai Presentasi Diri Pada Mahasiswi Pendidikan Sosiologi Fkip Untirta. Community: volume 6; nomor 1. p-ISSN: 2477-5746 e-ISSN: 2502-0544

Pekanbaru. Kordinat Vol. XIX No.1. ISSN 1411-6154 | EISSN 2654-8038

Buku:

Cangara; H. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Herdiansyah; H. (2013). Wawancara; Observasi dan Focus Groups (Sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif). Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Kotler; P.; Keller; K.; L. (2016). Marketing Management Edisi 15; Global Edition.

Krum; R. (2013). Cool Infographics: Effective Communication with Data Visualization and Design. Indiana: John Wiley & Sons; Inc. Pearson Education Inc.

Maulana; H.; Gumelar G. (2013). Psikologi Komunikasi Persuasi. FIP Press. Jakarta

Moleong; L. J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Soemanagara; R. D. (2016). Strategic Marketing Communication. Alfabeta. Bandung

Smiciklas; M. (2012). The Power of Infographics. Indiana; Que.

Soemirat; S.; Suryana; A. (2017). Komunikasi Persuasif. Tangerang Selatan. Universitas Terbuka

Subagyo; P.; J. (2015). Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif; Kualitatif; dan R&D. Alfabeta. Bandung

Yin; R. K. (2019). Studi Kasus Desain & Metode. Rajawali Pers. Depok

Internet:

https://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/data-dan-statistik/fintech/Documents/Statistik%20FL%20September2020.pdf diakses pada tanggal 22 Mei 2021




DOI: https://doi.org/10.24853/pk.5.1.29-39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ