PENGGUNAAN TWITTER DALAM MENINGKATKAN MELEK POLITIK MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Andhika Rivaldy, Hana Aviela Fedria Wowor, Salsa Ratu Maisya, Dini Safitri

Abstract


Media sosial sekarang ini merupakan suatu bagian yang tidak terlepaskan dari keseharian masing-masing hidup manusia. Melalui media sosial beragam informasi bisa ditemui, seperti hiburan, berita, olahraga, bahkan mengenai politik. Satu dari sekian medsos yang tengah marak penggunaannya yang cukup masif adalah Twitter. Tidak hanya digunakan oleh masyarakat untuk berbagi hiburan, Twitter sekarang ini kerap digunakan oleh para politisi untuk berkampanye ataupun sebagai ruang beropini untuk masyarakat. Penelitian ini memiliki tujuan dalam menelaah peran dan fungsi Twitter dalam melek politik di kalangan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yakni menjelajah peranan media Twitter dalam meningkatkan melek politik. Data penelitian dikumpulkan secara terperinci dan mendalam melalui observasi, wawancara dengan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta angkatan 2019. Analisis data dilakukan secara holistik, yaitu mendeskripsikan keseluruhan kasus dan menginterpretasikan kaitannya dengan pernyataan. Hasil penelitian menunjukan peran media sosial Twitter terhadap peningkatan keikutsertaan mahasiswa dalam pelaksanaan pembangunan dan perkembangan politik dengan memanfaatkan sebuah platform media sosial mempunyai pengaruh yang sangat besar. Dengan adanya media sosial Twitter sebagai ruang publik dan ruang partisipasi masyarakat khususnya mahasiswa di dalam ruang lingkup politik, yang juga dapat diakses publik dari semua lapisan, tidak perlu lagi memikirkan mengenai pengungkapan pendapat, karena memang hak suara yang diungkapkan sudah bulat tanpa adanya intervensi dari kelompok lain, asalkan tetap dalam konteks politik. Twitter sebagai wadah platform daring untuk berpolitik, mempunyai andil untuk mengajak masyarakat khususnya mahasiswa dalam berpartisipasi.

 


Keywords


Communication; Social Media; Politic; Public Area

Full Text:

PDF

References


Creswell; J. W. (2014). Research Design: Qualitative; Quantitative; and Mixed Method Approaches (Fourth Edi). SAGE.

Nasrullah; R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi; Budaya; dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Polii; E. Z. F.; Pati; A. B.; & Potabuga; J. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Partisipasi Politik Kaum Milenial Dalam Pemilihan Umum di Kecamatan Tareran Kabupaten Minahasa Selatan Tahun 2019. Jurnal Politico; 9(3); 1–7.

Pradana; Y. (2017). Peranan media sosial dalam pengembangan melek politik mahasiswa. Jurnal Civics; 14(2); 139–145.

Priana; A.; Ardiningrum; S.; & Safitri; D. (2020). The Use of Instagram on Political Participation of Communication Students in Universitas Negeri Petanda : Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora The Use of Instagram on Political Participation of Communication. Petanda: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Humaniora; 2(1); 28–35.

Putri; N. E. (2017). Dampak Literasi Politik Terhadap Partisipasi Pemilih Dalam Pemilu. Jurnal Agregasi : Aksi Reformasi Government Dalam Demokrasi; 5(1); 51–71. https://doi.org/10.34010/agregasi.v5i1.219

Ratnamulyani; I. A.; & Maksudi; B. I. (2018). Peran Media Sosial Dalam Peningkatan Partisipasi Pemilih Pemula Dikalangan Pelajar Di Kabupaten Bogor. Sosiohumaniora; 20(2); 154–161. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v20i2.13965

Sekaran; U.; & Bougie; R. (2016). Research Methods for Business (Seventh Ed). John Wiley & Sons.

Sekarwulan; A.; Azzahra; A. A.; Syifafasya; N.; & Safitri; D. (2020). Penggunaan Media Sosial Terhadap Partisipasi Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNJ dalam Menentukan Capres dan Cawapres 2019. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi; 8(2); 50–57. https://doi.org/10.21070/kanal.v8i2.139

Sufri Eka Bhakti. (2020). Ruang publik dan media sosial: partisipasi politik mahasiswa indonesia. Jurnal Kajian Media; 4(1); 1–10.

Tresnawati; Y. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Promosi Potensi Wisata Bahari Cilacap Jawa Tengah. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis; 1(2); 1–11. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/perspektif/article/view/2846




DOI: https://doi.org/10.24853/pk.5.1.41-48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ