PERSEPSI KHALAYAK MENGENAI SPECIAL EVENT BUMI RUMAH KITA DALAM MENINGKATKAN PUBLIC AWARENESS
Abstract
Dengan berkembangnya konsep pemasaran ke arah pemasaran sosial; event banyak digunakan untuk berbagai tujuan; Special event memberikan pengalaman pengunjung yang menyenangkan; pengalaman menawarkan peluang tambahan untuk mengkomunikasikan perhatian pada isu-isu yang dibawa oleh pemasaran sosial yaitu untuk perubahan perilaku yang bermanfaat bagi masyarakat luas contohnya perilaku ramah lingkungan. Sejauh Mata Memandang; sebagai brand fashion menggunakan tekstil daur ulang yang terbuat dari limbah pra-konsumsi yang diproses menjadi bahan baru sehingga sifatnya ramah lingkungan memiliki tagline kampanye #sejauhmanakamupeduli yang berguna untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran publik terhadap isu lingkungan. Untuk meningkatkan kesadaran publik akan isu lingkungan; kampanye pemasaran sosial yang digunakan oleh Sejauh Mata Memandang adalah dengan mengadakan special event berupa public exhibition ‘Bumi Rumah Kita’. Inisiatif Sejauh Mata Memandang (SMM) dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan kondisi sampah; khususnya sampah tekstil; ditunjukkan dalam pameran tersebut. Oleh karena itu; penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana persepsi khalayak mengenai special event Bumi Rumah Kita yang diselenggarakan oleh Sejauh Mata Memandang dalam meningkatkan public awareness. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam kepada pengunjung pameran Bumi Rumah Kita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi khalayak mengenai special event Bumi Rumah Kita dapat membuat pengunjung lebih sadar akan isu lingkungan dan pengelolaan limbah / sampah. Kampanye yang disampaikan melalui special event dapat membantu terciptanya tujuan pemasaran sosial Sejauh Mata Memandang (SMM) sebagai produk tekstil berkelanjutan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran publik terhadap isu lingkungan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azizah; Z. (2021). Pameran “Bumi Rumah Kita” Libatkan Masyarakat; Ciptakan Bumi Lebih Ramah Lingkungan. https://jakpusnews.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-441882413/pameran-bumi-rumah-kita-libatkan-masyarakat-ciptakan-bumi-lebih-ramah-lingkungan
Bünzli; F.; & Eppler; M. J. (2018). Strategizing for social change in nonprofit contexts: A typology of communication approaches in public communication campaigns. Nonprofit Management and Leadership; 1–18. https://doi.org/10.1002/nml.21346
Davis; L.; Rountree; M. M.; & Davis; J. A. (2016). Global Cause Awareness: Tracking Awareness Through Electronic Word of Mouth. Journal of Nonprofit and Public Sector Marketing; 28(3); 252–272. https://doi.org/10.1080/10495142.2016.1206502
Denz; N. K.; & Lincoln; Y. S. (2018). The SAGE Handbook of Qualitative Research (Fifth Edit). Sage Publications. https://doi.org/10.1007/s11229-017-1319-x
Goldblatt; J. (2013). Special Events: Creating and Sustaining a New World for Celebration. Wiley.
Gordon; R. (2011). Critical social marketing: Definition; application and domain. Journal of Social Marketing; 1(2); 82–99. https://doi.org/10.1108/20426761111141850
Jutbring; H. (2017). Social Marketing through Events. University of Gothenburg`. http://hdl.handle.net/2077/52297
Kite; J.; Gale; J.; Grunseit; A.; Li; V.; Bellew; W.; & Bauman; A. (2018). From awareness to behaviour: Testing a hierarchy of effects model on the Australian Make Healthy Normal campaign using mediation analysis. Preventive Medicine Reports; 12(August); 140–147. https://doi.org/10.1016/j.pmedr.2018.09.003
Richards; G. (2013). Events and the Means of Attention. Journal of Tourism Research & Hospitality; 02(02). https://doi.org/10.4172/2324-8807.1000118
Rusell; J.; Lintern; F.; Davis; J.; & Gauntlett; L. (2016). Psychology Coursebook. Cambridge University Press.
Sejauh Mata Memandang. (2018). About Sejauh Mata Memandang. https://sejauh.com/about/
Senayan City. (2021). Sejauh Mata Memandang Gelar Pameran “Bumi Rumah Kita.” http://senayancity.com/view-event/108-sejauh-mata-memandang-gelar-pameran-bumi-rumah-kita
DOI: https://doi.org/10.24853/pk.5.1.49-55
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
My Stats