PENGARUH PROMOSI DI AKUN INSTAGRAM @DISKON.INDONESIA TERHADAP MINAT BELI PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA ANGKATAN 2019

Kamiliya Eka Putri, K. Y.S. Putri

Abstract


Instagram merupakan media sosial yang sedang diminati masyarakat pada saat ini. Instagram digunakan untuk komunikasi antara satu pengguna dengan pengguna yang lain. Pada saat ini Instagram juga memiliki fungsi untuk sarana promosi. Salah satunya adalah akun Instagram @diskon.indonesia yang memberikan informasi tentang berbagai macam promo produk. Dengan hal ini; tentunya akan menimbulkan minat beli khususnya pada mahasiswa. Peneliti bertujuan untuk meninjau dan mengetahui pengaruh promosi di akun Instagram @diskon.indonesia terhadap minat beli pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Univeristas Negeri Jakarta Angkatan 2019. Paradigma yang digunakan adalah positivisme. Penelitianiiniimenggunakanipendekatanikuantitatifidenganisurveiisebagaiimetode penelitiannya. Penelitian ini memiliki populasi sebanyak 82 mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas NegerioJakartaoAngkatano2019 dengan jumlah sample yaitu 68 mahasiswa yang ditentukan berdasarkan penghitungan Rumus Slovin. Teknik dalam mengambil sample yangodigunakanoadalahoprobabilityosampling dengan jenis simpleorandomosampling. Sumber dataOyang digunakan merupakan data primer dan data sekunder. Instrumen atau alat ukur yang digunakan yaitu kuesioner yang disebarkan melalui google form dengan menggunakan Skala Likert. Hasil analisis regresi linear sederhana; yaitu (3;480 > 1;996) dan nilai signifikan; yaituo(0;001 < 0;05).oDari hasil penelitian; akun Instagram @diskon.indonesia memiliki foto/postingan; caption; dan banyaknya jumlah like & comment yang mempengaruhi minat beli mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas NegerioJakartaoAngkatano2019.


Keywords


Instagram; Media Sosial; Minat Beli; Promosi

Full Text:

PDF

References


Adiyanta; F. C. S. (2019). Hukum dan Studi Penelitian Empiris : Penggunaan Metode Survey sebagai Instrumen Penelitian Hukum Empiris. Administrative Law and Governance Journal; 2(4); 697–709. https://doi.org/10.14710/alj.v2i4.697-709

Atmoko; B. D. (2012). Instagram Handbook. Mediakita.

Ayutiani; D.; & Putri; B. P. S. (2018). Penggunaan Akun Instagram Sebagai Media Informasi Wisata Kuliner. PRofesi Humas; 3(1); 39–59. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.11683

Creswell; J. W. (2014). Research Design : Qualitative; Quantitative; and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE Publication.

Imelda; R.; & Martini; E. (2019). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Followers Wardah Kosmetik. E-Proceeding of Management; 6(1); 427–434.

Indika; D. R.; & Jovita; C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan; 1(1); 25–31. https://doi.org/10.24123/jbt.v1i01.296

Kotler; P.; & Keller; K. L. (2016). Marketing Management. Pearson.

Lestari; S. P. (2015). Hubungan Komunikasi Pemasaran Dan Promosi Dengan Keputusan Memilih Jasa Layanan Kesehatan (Studi Pada Rumah Sakit Islam Lumajang). Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi; 4(2); 139–147. https://doi.org/10.14710/interaksi;4;2;139-147

Mukhtar; S.; Putri; K. Y. S.; Putri; M. L.; Sary; M. P.; Sutjipto; V. W.; Istiyanto; S. B.; & Azzahra; A. A. (2020). Digital Social Media: Creative Economy Quarantine during the Coronavirus Pandemic; 2020. International Journal of Innovation; Creativity and Change; 13(7); 416–430.

Nasrullah; R. (2015). Media Sosial : Perspektif Komunikasi; Budaya; dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Neuman; W. L. (2014). Basics of Social Research : Qualitative & Quantitative Approaches (3rd ed.). Pearson.

Purbohastuti; A. W.; & Hidayah; A. A. (2020). Meningkatkan Minat Beli Produk Shopee Melalui Celebrity Endorser. Jurnal Bisnis Terapan; 4(1); 37–46. https://doi.org/10.24123/jbt.v4i1.2480

Sekaran; U.; & Bougie; R. (2016). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach (7th ed.). Wiley.




DOI: https://doi.org/10.24853/pk.5.1.57-64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ