PERSONAL BRANDING DALAM KOMUNIKASI PUBLIK PEMERINTAH ANALISIS FRAMING KARAKTER PERSONAL MENTERI KABINET INDONESIA MAJU DALAM SIARAN PERS KEMENTERIAN TAHUN 2020

Mochamad Taufiq Hidayat

Abstract


Siaran pers; merupakan pernyataan resmi lembaga; hal yang menarik; dalam setahun terakhir ini; siaran pers kementerian dan lembaga memuat sebutan atau sapaan khas dari menteri dan pimpinan lembaga. Dalam perspektif komunikasi publik hal itu menarik dikaji apakah sebagai penerapan personal branding atau ada kebutuhan lain.Menggunakan kajian teoritis kerja public relations dan personal branding; penelitian ini ditujukan untuk menjelaskan karakter yang disajikan dalam siaran pers lembaga mengenai menteri atau kepala lembaga yang menggunakan sebutan khusus. Analisis framing Entman digunakan untuk menganalisis siaran pers yang ditemukan dengan cara mencari dalam fitur google search serta mempertimbangkan banyaknya jumlah pengakses. Berdasarkan hasil penelitian ini yang menggunakan analisis framing; ditemukan bahwa secara umum terdapat gambaran kesengajaan untuk menampillkan personal branding yang melekat dengan latar belakang ataupun pengalaman menteri di website masing-masing kementerian yang diamati. Melalui siaran pers; personal branding bisa memungkinkan disampaikan secara utuh. peluang bisa menjangkau lebih banyak publik jika disajikan melalui website. Keterbatasan penelitian ini lebih fokus pada kemasan atau framing dalam produk siaran pers. Namun akan lebih menarik jika dikembangkan untuk mengkaji respons pekerja media sebagai penelitian lanjutan.


Keywords


personal branding public communications; public relations

Full Text:

PDF

References


Jurnal:

Damanik; Marudur Pandapotan dan Erisva Hakiki Purwaningsih. (2017). E-Government dan Aplikasinya di Lingkungan Pemerintah Daerah (Studi Kasus Kualitas Informasi Website Kabupaten Bengkalis Propinsi Riau) Dalam Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol. 21 No. 2 (Juli - Desember 2017)

Macnamara; Jim. (2011). “Reinventing Public Communication to Reconnect With Publics”. Makalah dalam PR Summit 2011; Hong Kong Baptist University; Hong Kong; 16 April 2011 and to the National Higher Education Communication Officers’ Conference 2011; Sydney; 10 May 2011.

Nessmann; Karl. (2010). “Personal Branding and the Role of Public Relations” Dalam Terlutter; Ralf; Diehl; Sandra dan Okazaki; Shintaro (Eds). Advanced in Advertising Research (Vol. 1) Cutting Edge International Research; Wiesbden: Gabler Verlag.

Buku:

Ardianto; Elvinaro. (2011). Handbook of Public Relations – Pengantar Komprehensif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Bungin; Burhan (2006). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Cutlip; Scott M.; Allen H. Center; dan Glen M. Broom. (2005) Effective Public Relations Merancang dan Melaksanakan Kegiatan Kehumasan dengan Sukses. Terjemahan oleh Pohan; CH Renate VH; dari Effective Public Relations Eight edition. 2000. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.

Littlejohn; Stephen W dan Foss; Karen A. (2009) Encyclopedia of Communications Theory. California: Sage Publications.

Lofland; J.; and Lofland; L.H. (1984) Analizing Social Settings: A Guide to Qualitative Observation and Analysis. Belmont Wadsworth Publishing Company.

Ruslan; Rosady. (2005). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Ruslan; Rosady. (2010). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi; Jakarta: Rajawali Pers

Sandra Oliver. (2010). ‘Public Relations Strategy’. PT Gelora Aksa Pratama

Sari; Bety Wahyu Nilla. (2012). Humas Pemerintah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Santana K.; Septiawan. (2005). Jurnalisme Kontemporer. Jakarta: Buku Obor.

Smith; Ronald D. (2002). Strategic Planning for Public Relations. Mahwah: Lawrence Erlbaum Associates.

Wasesa; Silih Agung dan Jim Macnamara. (2010). Strategi Public Relations. Edisi Revisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wasesa; Silih Agung. (2018). Personal Branding Code. Jakarta: Gramedia




DOI: https://doi.org/10.24853/pk.5.1.65-71

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ