ETNOGRAFI VIRTUAL KOMODIFIKASI DA’WAH USTADZ DI CHANNEL YOUTUBE

Indah Suryawati, Udi Rusadi

Abstract


Banyak ustadz yang mengunggah konten da’wah mereka di YouTube. Penggunaan YouTube sebagai media da’wah, tentu saja mendapat respon yang baik dari masyarakat, terutama generasi millennial, sehingga seiring waktu jumlah pengikutnya kian bertambah. Riset ini bertujuan untuk mengetahui gambaran komodifikasi da’wah ustadz di media sosial, terutama da’wah yang dilakukan Ustadz Dasad Latif (UDL) di channel YouTube Das’ad Latif. Selain itu, riset ini untuk membongkar komodifikasi da’wah online UDL yang diproduksi dan ditayangkan melalui channel YouTube-nya tersebut. Metode yang digunakan adalah metode etnografi virtual. Metode ini untuk melihat fenomena sosial dan kultur pengguna di cyberspace. Adapun Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Analisis Media Siber (AMS). Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi tidak langsung dan wawancara kepada beberapa penonton YouTube UDL yang dipilih secara acak melalui kriteria tertentu. Hasil penelitian menunjukkan, UDL lebih dominan melakukan komodifikasi konten dalam channel YouTube da’wah miliknya. UDL memilih tidak memprioritaskan kepentingan ekonomi dan politik ketika menggunakan YouTube dalam menyebarkan pesan da’wahnya, melainkan memilih memanfaatkan YouTube hanya untuk kepentingan da’wah. Ini bertujuan agar pesan da’wah yang disampaikan cepat sampai, mudah diterima serta disukai publik karena telah dikomodifikasi. Meski channel YouTube UDL dikelola oleh admin, bukan oleh UDL sendiri, namun hal-hal terkait pemilihan teks, tampilan cover, isi konten, hingga kualitas audio visual yang dihasilkan merupakan hasil pengelolaan yang baik. Dampak dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi tambahan referensi bahwa konten da’wah di media sosial tidak lepas dari komodifikasi konten. Namun sebaiknya dikelola dengan baik, sebagaimanan yang sudah dilakukan UDL selama ini. Sehingga tujuan dari penyampaian da’wah tersebut dapat tercapai dan tepat sasaran.

Keywords


Da’wah; Komodifikasi Konten; YouTube

Full Text:

PDF

References


Bambang S. Ma’arif, (2010). Komunikasi Dakwah: Paradigma untuk Aksi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Chaer, Abdul dan Agustina, Leonie. (2010). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Hesmondhalgh, David. (2007). The Cultural Industries 2nd Edition. London: SAGE Publication Ltd

Hine, C. (2000). Virtual Ethnography. London, UK: SAGE Publications.

Ibrahim, I. S., & Akhmad, B. A. (2014). Komunikasi dan Komodifikasi: Mengkaji Media dan Budaya dalam Dinamika Globalisasi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Ibrahim, I.S. (2011). Budaya Populer Sebagai Komunikasi. Yogyakarta: Jalasutra.

Keraf, Gorys. (2010). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Murfianti, Fitri. (2012). Komodifikasi Dakwah Dalam Religiotainment di Stasiun Televisi Indonesia. Jurnal Pendhapa. Vol 3 (1). https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/pendhapa/article/view/1191/1185

Moh. Ali Aziz, (2004). Ilmu Dakwah, Jakarta: Kencana.

Mosco, Vincent. (2009). The Political Economy of Communication. London: Sage Publication

Nasrullah, Rulli. (2018). Etnografi Virtual: Riset Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi di Internet. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

_______. (2014). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Nabiri, An. dan Fathul Bahri, (2008). Meniti Jalan Dakwah: Bekal Perjuangan Para Da’i. Jakarta: Amzah

Nugroho, Catur. (2020). Ekonomi Politik Media : Sebuah Pengantar Kritis. Pamulang: Sedayu Sukses Makmur.

Pattana, Kitiarsa. (2007). Asia’s Commodified Sacred Canopies: Religious Commodifications In Asia. USA dan Canada: Routledge

Partanto, Pius A. (1994). Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Penerbit Arkola.

Ramadhan, Randy dan Henny Destiana. (2018). Pengaruh Media Sosial YouTube Terhadap Perkembangan Dakwah Islam dengan Metode Structural Equation Modeling (SEM). Sinkron: Jurnal & Penelitian Teknik Informatika. Volume 1 (3), https://jurnal.polgan.ac.id/index.php/sinkron/index

Sedarmayanti dan Hidayat, Syarifudin. (2011). Metodologi Penelitian. Bandung: Mandar Maju

Sumber online

Ferdi, Arifin. (2019). Mubalig Youtube dan Komodifikasi Konten Dakwah. Jurnal Dakwah dan Komunikasi: Al Balaqh. Vol. 4 (1). Hlm 91-120. http://ejournal.iainsurakarta.ac.id

Huda, M. (2018). Komodifikasi Pesan Dakwah Pada Iklam Pertamina Versi Tabungan Terbaik di Televisi, Jurnal Dakwah dan Komunikasi : JDK STAIN Curup, 3(2), 137-150. journal.iaincurup.ac.id

Huda, Miftahul. (2020). Komodifikasi Dakwah dan Covid 19 Dalam Iklan Gojek Versi Komik Ramadhan 2020. Jurnal Komunida: Media Komunikasi dan Dakwah. Vol 10 (2). https://ejurnal.iainpare.ac.id/index

Muchtar, K. & Ghalia, F. R. (2018). Respon Mahasiswa Terhadap Tayangan Dakwah Islamiyah Khazanah (Tran7) dan Damai Indonesiaku (TV One). Interdisciplinary Journal of Communication, 3(2), 147-174.

Prajarto, Nunung. (2018). Netizen dan Infotainment: Studi Etnografi Virtual pada Akun Instagram @lambe_turah. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol 15 (1). Hlm 33-46. http://jurnal.upnyk.ac.id/

Risqiyah, NeilisVika (2017). Gaya Bahasa Retoris Dalam Cerpen Ojiisan no Ranpu Karya Niimi Nankichi. Skripsi. http://eprints.undip.ac.id/58266/1/skripsi_full.pdf

Risdayah, Enok. (2020). Nur Hidayahan : Komodifikasi Dakwah. Jurnal Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah. Vol 20 (2). https://journal.uinsgd.ac.id/index.php

Rubawati, Efa. (2018). Media Baru : Tantangan dan Peluang Dakwah. Jurnal Studi Komunikasi. Vol 2 (1). Hlm 126-142. https://ejournal.unitomo.ac.id

Rustandi, Ridwan. (2018). Analisis Wacana Kritis Komodifikasi Dai dalam Program Televisi. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol 2 (2). Hlm 197-222. http://journal.uinsgd.ac.id

Saudi, Y. (2018). Media dan Komodifikasi Dakwah. Jurnal Komunikas dan Penyiaran Islam: Al-Ilam, 2(1), 37-44. https://www.researchgate.net/journal/Al-I-lam-Jurnal-Komunikasi-dan-Penyiaran-Islam-2598-8883

Yasir. (2015). Komodifikasi dan Pengaburan Makna Simbol dalam Industri Televisi (Analisis Semiotika Sinetron Tukang Bubur Naik Haji di RCTI Episode 1060). Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 113-190, http://jurnal.upnyk.ac.id/

Zaini Ahmad. (2013). Dakwah Melalui Internet. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam: At Tabsyir. Vol 1 (1). Hlm. 93-108. journal.iainkudus.ac.id.

https://republika.co.id/berita/qar7j9440/dakwah-ustadz-populer-di-medsos-komodifikasi-agama, diunduh tanggal 02 Mei 2021, pukul 11:37 WIB.

https://money.kompas.com/read/2021/01/22/090554926/jumlah-penduduk-indonesia-terkini-mencapai-27134-juta, diunduh tanggal 02 Mei 2021, pukul 11:37 WIB.

https://blog.apjii.or.id/index.php/2020/11/09/siaran-pers-pengguna-internet-indonesia-hampir-tembus-200-juta-di-2019-q2-2020/, diunduh tanggal 02 Mei 2021, pukul 11:37 WIB.

https://www.merdeka.com/jatim/10-macam-media-sosial-yang-paling-sering-digunakan-oleh-orang-indonesia-kln.html, diunduh tanggal 02 Mei 2021, pukul 22:37 WIB.

https://www.instagram.com/ustadzabdulsomad_official,

http://jmf.fisipol.ugm.ac.id/2017/11/bertahan-di-tengah-guncangan-komodifikasi-agama/

https://pontianak.tribunnews.com/2020/02/22/profil-singkat-ustadz-dasad-latif.

https://www.facebook.com/ust.dasad.latif

https://www.twitter.com//DasadLatif01

https://www.instagram.com/dasadlatif1212

youtube.com/dasadlatif




DOI: https://doi.org/10.24853/pk.5.2.111-128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ