KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN BISNIS RITEL DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI PT HOME CENTER INDONESIA)

Stefanus Tulus Hasudungan

Abstract


Pandemi COVID-19 sejak awal tahun 2020 telah membawa perubahan yang begitu cepat, signifikan, dan menyeluruh dalam berbagai sektor bisnis termasuk bisnis ritel. Peran para pemimpin bisnis menjadi sangat vital dalam rangka menjaga stabilitas perusahaan dan memastikan bisnis tetap berjalan dengan tantangan yang ada. Komunikasi kepemimpinan melalui adaptasi teknologi menjadi faktor kunci yang membantu para pemimpin bisnis ritel untuk melakukan tugasnya sebagai pemimpin dengan baik. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan studi kasus, dengan tujuan untuk memahami proses komunikasi kepemimpinan yang dilakukan oleh pemimpin bisnis di PT Home Center Indonesia (INFORMA), serta adopsi teknologi komunikasi para Store Manager dalam menjalankan komunikasi kepemimpinan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi kepemimpinan yang dilakukan para Store Manager di PT Home Center Indonesia (INFORMA) terjadi dalam tiga tahapan utama yaitu penyampaian dari Head Office (HO) sebagai representasi top management kepada kepala cabang (Store Manager) dalam lima jenis informasi yaitu informasi visi misi dan cita-cita perusahaan, informasi strategi, informasi kondisi perusahaan, informasi kebijakan, dan informasi inovasi perusahaan. Tahap kedua adalah pemilihan gaya komunikasi kepemimpinan yang dilatarbelakangi oleh persepsi individu, internal values, dan analisis situasi. Tahap ketiga adalah penyampaian informasi kepada karyawan melalui media komunikasi yang dipilih berdasarkan jenis dan karakteristik informasi yang disampaikan. Sementara adopsi teknologi komunikasi kepemimpinan dilakukan dalam empat tahapan yaitu perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Keywords


kepemimpinan; komunikasi; ritel; teknologi

Full Text:

PDF

References


Akbari, T., & Pratomo, R. (2021). The New Normal Leadership: How Technology Alter Communication Style in Contemporary Organization. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 6(1), 1-12.doi:https://doi.org/10.25008/jkiski.v6i1.5 23

Bergman, Sandra. (2020). The Dynamics of Developing Leadership Communication in Organisations. 10.13140/RG.2.2.30371.27689.

Creswell, A. (2018). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (III ed.). (A. Fawaid, Trans.) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Enyioko, Newman. (2021). Effect of Leadership Communication on Organisational Behaviour. https://dx.doi.org/10.2139/ssrn.3820943

Hasibuan, Melayu Sultan Parlaguat. 2010. Organisasi dan Motivasi : Dasar Peningkatan Produktivitas Jakarta : Bumi Aksara.

Luo, Wenhao & Song, Jiwen & Gebert, Diether & Zhang, Kai & Feng, Yunxia. (2016). How does leader communication style promote employees’ commitment at times of change?. Journal of Organizational Change Management. 29. 242-262.

1108/JOCM-11-2014-0204.

Miller, Katherine. (2015). Organizational Communication : Approaches and Processes seventh edition Australia: Cengage Learning.

Mulyana, D. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung:Rosdakarya.

Panta S.R. (2018). The Specificity of Leadership CommunicationDOI:10.3126/irjms.v3i0.28042

Robbins, Stephen P. & Timothy A. Judge. (2008). Perilaku Organisasi Edisi ke-12, Jakarta: Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.24853/pk.5.2.129-139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ