JARINGAN KOMUNIKASI INFORMAL ‘’V3 TEAM’’ DI PT BANK PANIN DUBAI SYARIAH TBK

Topan Perkasa Hamudya, Aminah Swarnawati, Intan Ikhtiarti Wilti, Fadh Fawaz, Salma Laila Qodriyah

Abstract


Komunikasi informal ialah komunikasi antar anggota dalam suatu organisasi yang terjadi secara spontan dan tidak ditentukan dalam struktur organisasi. Sejalan dengan komunikasi formal, komunikasi informal berkembang manakala organisasi tidak mampu memenuhi kepuasan anggotanya sehingga pesan disalurkan oleh anggota dengan cara sembunyi-sembunyi melalui saluran komunikasi informal. Ketika komunikasi terjadi diantara anggota organisasi, maka tercipta suatu gugus mata rantai yang membentuk sebuah pola jaringan. Penelitian ini menggunakan teori jaringan komunikasi. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi dan peranan apa saja yang ada dalam jaringan komunikasi informal V3 Team di PT. Bank Panin Dubai Syariah Tbk. Metode penelitian ini berupa studi kasus melalui pendekatan kualitatif. Data diperoleh dengan teknik pengumpulan data hasil wawancara serta observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya jaringan komunikasi informal di V3 Team dengan pola jaringan komunikasi yang membentuk pola kemungkinan. Peranan jaringan komunikasi informal terdiri dari klik, isolate, bridge, liaison, gate keeper, opinion leader dan cosmopolite.


Keywords


komunikasi organisasi; jaringan komunikasi informal; pola komunikasi; peranan jaringan komunikasi informal

Full Text:

PDF

References


Ainur Rochmaniah & Muhammad Syamsudin. (2018). Jaringan Komunikasi dalam Penanganan Gizi Balita di Posyandu Desa Medalem Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol. 7. No. 1: 30-40.

Andarusni Alfansyur & Mariyani. (2020). Seni mengelola data: penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan social. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah. Vol. 5. No. 2: 146-150.

D Finaliyani Putri, Anang Sujoko & Antoni. (2018). Analisis jaringan komunikasi pada level actor dalam jaringan komite pengusaha alas kaki kota Mojokerto (Kompak). Channel Jurnal Komunikasi. Vol. 6. No. 2: 183-190.

Ditha Prasanti. (2018). Penggunaan media komunikasi bagi remaja perempuan dalam pencarian informasi kesehatan. Jurnal Lontar. Vol. 6. No. 1: 13-21.

Dzulfikar Mahmud & Aminah Swarnawati. (2020). Pola jaringan komunikasi organisasi Havara organizer PT. Havara Ruhama Ramadhani di Tangerang Selatan. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis. Vol. 4 No. 1: 50-60.

Fikar Damai Setia Gea. (2018). Jaringan komunikasi kepala desa dalam inovasi program pembangunan. Journal Ilmu Komunikasi. Vol. 21. No. 1: 1-14.

Fitriani. (2016). Analisis jaringan komunikasi informal Adidas Team di PT Damco Indonesia Jakarta Pusat. Jurnal Visi Komunikasi. Vol. 15. No. 2: 275-285.

Sitti R.M., & Ikhfan H. (2020). Komunikasi dalam organisasi. Gorontalo: UNG Press Gorontalo.

Suryanto. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: CV Pustaka Setia.




DOI: https://doi.org/10.24853/pk.5.2.169-177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ