MODEL CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM KOMUNIKASI BISNIS PT KALIBRASI INSTRUMEN BERSAMA

Intan Paramita, Sa’diyah El Adawiyah

Abstract


Dewasa ini, sebuah perusahaan diperlukan untuk menjaga bahkan membangun hubungan komunikasi yang baik antara perusahaan dengan pihak eksternal khususnya konsumen melalui customer service sebagai tampak depan perusahaan. Namun, masih banyak perusahaan yang tidak mengetahui, melupakan bahkan tidak perduli dengan hubungan komunikasi yang seharusnya terjalin dengan baik antara perusahaan dengan konsumen. Biasanya bahkan terjadi di perusahaan yang sudah besar sekalipun, selain itu dapat terjadi juga pada perusahaan yang baru memulai, ataupun perusahaan yang bidangnya masih sedikit seperti perusahaan di bidang jasa kalibrasi layaknya perusahaan PT Kalibrasi Instrumen Bersama (Kalibers) yang dilakukan dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif dan menggunakan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui observasi, wawancara yang mendalam secara tertulis juga tatap muka dengan narasumber terkait. Berdasarkan hasil analisis serta pembahasan, penelitian ini telah menjawab seluruh pertanyaan dari tujuan penelitian terkait model rantai nilai dalam CRM yang memakai teori dari Francis Buttle, yakni; profil konsumen PT Kalibers merupakan perusahaan yang memiliki banyak alat ukur seperti mall, apartemen, perusahaan tambang, rumah sakit, dll. Kedekatan perusahaan dengan konsumen adalah pendekatan komunikasi secara personal. Usaha perusahaan dalam membangun sebuah hubungan dengan konsumen atau Stakeholder yang berlaku sering berkomunikasi secara tatap muka atau bukan dan sigap dalam menangani masalah yang terjadi. Pengembangan proposisi nilai yang telah didapatkan perusahaan dari informasi konsumen juga data interaksi yang ada, tidak mengalami pengalihan fokus dari produk ke layanan jasa, namun memiliki strategi khusus untuk mengurangi biaya proses bagi konsumen agar menciptakan nilai lebih. Cara perusahaan dalam mengelola siklus kehidupan konsumen serta kinerja customer service dan seluruh divisi terkait dalam menjaga hubungan komunikasi yang baik dengan konsumen adalah dengan meminta umpan balik dari konsumen serta Stakeholder yang berlaku dan melakukan evaluasi untuk internal terkait seluruh divisi juga eksternal terkait pemilihan konsumen yang menguntungkan bagi perusahaan.


Keywords


Customer Relationship Management; Customer Service; Komunikasi

Full Text:

PDF

References


Bisen, V., & Priya. (2009). Business Communication. New Delhi: New Age International Publisher.

BSN. (2011, June 23). BSN Badan Standardisasi Nasional. Retrieved from BSN Badan Standardisasi Nasional: https://www.bsn.go.id/main/berita/berita_det/3083/Laboratorium-Kalibrasi-di-Indonesia-Minim

Bungin, M. B. (2007). Penelitian Kualitatif (2nd ed.). Jakarta: Prenada Media Group.

Buttle, F., & Maklan, S. (2019). Customer Relationship Management: Concepts and Technologies (4th ed.). New York: Routledge Taylor and Francis Group.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). London: Sage Publicity.

Effendy, O. U. (2018). Dinamika Komunikasi (7th ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Effendy, O. U. (2018). Ilmu. Teori. dan Filsafat Komunikasi (2nd ed.). Bandung: Citra Aditya Bakti.

Goodman, J. A. (2009). Strategic Customer Service. USA: AMACOM.

Hornby, A. (2015). Oxford Dictionary. UK: Oxford University Press.

Istambul, M. R. (2010). Peranan Customer Relationship Management Dalam Meningkatkan Pelayanan Pelanggan oleh Perusahaan. Sewindu Sekolah Tinggi Teknologi Banten Jaya (pp. 89-96). Serang: Sewindu Sekolah Tinggi Teknologi Banten Jaya.

John, S. W., & Foss, K. A. (2018). Teori Komunikasi (9th ed.). Jakarta: Salemba Humanika.

Kalibers. (2015). Profile Company PT Kalibrasi Instrumen Bersama. Tangerang Selatan: Kalibers.

Kalibers. (2021). Kalibrasi Instrumen Bersama. Retrieved April 2021, 10, from Kalibrasi Instrumen Bersama Website: www.kalibers.com

KAN. (2021, April 14). KAN Komite Akreditasi Nasional. Retrieved from KAN Komite Akreditasi Nasional: http://kan.or.id/index.php/documents/terakreditasi/doc17020/sni-iso-iec-17025/laboratorium-kalibrasi

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (12th ed.). New Jersey: Pearson Education, Inc.

Krizan, A. C., Merrier, P., Logan, J., & Williams, K. (2010). Business Communication (8th ed.). Canada: Thomson South-Western.

Kumar, V., & Reinartz, W. (2018). Customer Relationship Management; Concept, Strategy and Tools (3rd ed.). Springer.

Leavy, P. (2017). Research Design: Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, ArtsBased and Community-Based Participatory Research Approaches. New York: The Guilford Press.

Lumbantobing, V. M. (2015, March 1). Peranan Komunikasi Customer Service Terhadap Kepuasan Pelanggan Lintas Semesta Surabaya. Jurnal Komunikasi, IX, 5-14.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (4th ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Panuju, R. (2018). Pengantar Studi Ilmu Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Permenkes. (2015). Pengujian dan Kalibrasi Alat Kesehatan. In Peraturan Menteri Kesehatan ( No 54, Pasal 1, Butir Ke-2) (pp. 1-32). Jakarta: Permenkes RI.

Pusaka, J. (2014). Peta Kebutuhan Jasa Kalibrasi Bagi Industri di Bagian Barat Indonesia. Jakarta: LIPI Press. Retrieved from Penerbit LIPI.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif (12th ed.). Bandung: Alfabeta.

The Institute of Chartered Accountants of Pakistan. (2015). Business Communication. UK: Emile Woolf International.




DOI: https://doi.org/10.24853/pk.5.2.140-152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ