PERAN BUZZER POLITIK DALAM PEMBENTUKAN OPINI PUBLIK DUKUNG ANIES BASWEDAN DI SOSIAL MEDIA TWITTER
DOI:
https://doi.org/10.24853/pk.6.1.111-122Keywords:
Buzzer Politik, Opini publik, Anies Baswedan, Twitter.Abstract
Fungsi buzzer dalam membentuk opini publik selama kampanye politik telah mendapat banyak perhatian di seluruh dunia. Banyak Para politisi sampai ke partai politik menggunakan buzzer menghasilkan opini publik dan dukungan bagi calon pemimpin. Buzzer Indonesia memiliki kecenderungan untuk mempublikasikan konten yang salah dan disinformasi dengan menggunakan akun palsu yang dioperasikan oleh orang-orang dan robot dalam jumlah besar. Pesan dikeluarkan oleh buzzer dapat menyebabkan sebuah opini atau topik menjadi tren di media sosial. Artikel ini akan mengelaborasi peran buzzer dalam pembentukan opini publik di media sosial melalui platform Twitter dengan menggunakan kata kunci “Dukung Anies Baswedan” pada Pilkada 2024. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi aktor-aktor yang terlibat dalam pembentukan opini dalam mendukung Anies Baswedan pada Pilkada 2024 dan sejauh mana jaringan yang telah dibuat oleh buzzer. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method yang di mana menggabungkan dua metode kuatitatif dan kualitatif dalam satu penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan Social Network Analytic (SNA) dari Netlytic.org dalam analisis buzzer aktor dalam pembentukan opini publik. Mendukung Anies Baswedan dalam President Regulation 2024. Hasil penelitian menunjukkan 1156 tweet terjadi dari 27 November 2021 hingga 05 Desember 2021, total 1159 pesan. Poster unik 849 ditemukan memiliki 150 akun yang dibuat pada tahun 2021 dengan isu mendukung Anies Baswedan, dan 10 akun yang berkomentar dan membagikan tweet hingga 5 Desember 2021.References
Adji, W. S., Bashith, A., Nasith, A., & Amin, S. (2019). Identification of Social Symptoms Using the Drone Emprit Academic As a Support for Statistical Literacy. Abjadia, 4(2), 97. https://doi.org/10.18860/abj.v4i2.8412
Arianto, B.---. (2021). Analisis Peran Buzzer Media Sosial dalam Memperkuat Kampanye Petani Milenial. JRK (Jurnal Riset Komunikasi), 11(2). https://doi.org/10.31506/jrk.v11i2.9915
Faulina, A., & Chatra, E. (2021). Peran Buzzer dalam Proses Pembentukan Opini Publik di New Media. 5, 2806–2820. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1305
Felicia, F., & Loisa, R. (2019). Peran Buzzer Politik dalam Aktivitas Kampanye di Media Sosial Twitter. Koneksi, 2(2), 352. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3906
KOMPASTV. (n.d.-a). Deklarasi Prabowo Subianto Capres 2024. https://www.youtube.com/watch?v=3v5tI_Z-IE4
KOMPASTV. (n.d.-b). Teman Ganjar Gelar Deklarasi Serentak Dukung Ganjar Maju Pilpres 2024. https://www.youtube.com/watch?v=C5fLcVx89Fg
Mosco, V. (2009). The Political Economy of Communication: Building a Foundation. In The Political Economy of Communication. https://doi.org/doi.org/10.4135/9781446279946.n5
Muktiyo, W. (2015). Komodifikasi Budaya Dalam Konstruksi Realitas Media Massa. MIMBAR, Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 31(1), 113. https://doi.org/10.29313/mimbar.v31i1.1262
Mustika, R. (2019). Pergeseran Peran Buzzer Ke Dunia Politik Di Media Sosial. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 2(2), 144–151. https://doi.org/10.17933/diakom.v2i2.60
Saraswati, M. S. (2018). Social Media and the Political Campaign Industry in Indonesia. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.25008/jkiski.v3i1.124
Sugiono, S. (2020). Fenomena Industri Buzzer Di Indonesia: Sebuah Kajian Ekonomi Politik Media. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 47–66. https://doi.org/10.15575/cjik.v4i1.7250
tvoneNews. (n.d.). Kawula Mataram di Yogyakarta Deklarasi Dukung Anies Baswedan Capres 2024 | Kabar Siang tvOne. https://www.youtube.com/watch?v=BtUKy3JTMBI